BUPATI TOBASA RESMIKAN LABORATORIUM SENI BUDAYA DAN FILM

  • “YAYASAN DEL TELAH TURUT MENSUKSESKAN MISI MENINGKATKAN KUALITAS SDM”

IMG_20141219_133210SMA Unggul Del kini memiliki fasilitas Laboratorium Seni Budaya dan Perfilman, yang diresmikan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang ditandai dengan pembukaan selubung nama, penandatanganan prasasti oleh Bupati dan Ketua Pembina Yayasan Del Jenderal TNI (purn) Luhut Panjaitan serta penguntingan pita oleh Ibu Rita Siregar mewakili Dirjen Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, di Sitoluama, Laguboti (19/12).

Hadir juga pada kesempatan tersebut,Budayawan dan Sutradara Film Eros Djarot, Sekdakab Tobasa Audi Murphy Sitorus, Ketua Yayasan Del Prof Robert Saragih, Kadis Pendidikan Tobasa Lalo H Simanjuntak, Kasek SMA Unggul Del Alfred Silalahi dan undangan lainnya.

Rita Siregar menyebutkan, keberadaan laboratorium bagi SMA Unggul Del merupakan “pilot project”, karena hanya dialokasikan untuk 21 SMA di seluruh Indonesia. Untuk daerah Sumut saja, katanya, hanya ada di Tobasa dan P. Siantar. Karena itu, dia berharap fasilitas tersebut dapat dimaksimalkan.

Lebih lanjut disebutkan, fasilitas yang dilengkapi dengan sarana pemutaran film dan studio rekaman tersebut dapat juga dipergunakan oleh sekolah-sekolah lain di Tobasa, namun dengan berkoordinasi dengan pihak Del.

Sementara, Budayawan dan Sutradara Film, Eros Djarot, mengakui keunggulan fasilitas yang dimiliki SMA Unggul Del. Dia memotivasi siswa/i Del dapat memaksimalkan fasilitas tersebut, sehingga lebih produktif, karena menurutnya produktifitas anak-anak Indonesia masih rendah.

IMG_2419Ketua Dewan Pembina Yayasan Del, Jenderal TNI (purn) Luhut Panjaitan, memberikan penghargaan atas dukungan semua pihak untuk Yayasan Del. Disebutkannya, keberadaan sekolah dan yayasan tersebut, didasari keinginan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kampung halaman, hingga semakin banyak yang dapat mengenyam pendidikan pada “top school” di luar negeri. Bahkan untuk mendukung kualitas tenaga pendidik ataupun dosen pendamping dari Wise Institute of Israel.

Sementara, Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengaku bangga dengan keberadaan SMA Unggul Del. Diakuinya, Yayasan Del telah mencetak banyak generasi muda berprestasi dari Tobasa khususnya, dan Indonesia umumnya.

IMG_2409Menurutnya lagi, Yayasan Del telah turut mensukseskan misi ketiga Pemkab Tobasa, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah itu. Atas perhatian dan kepedulian dalam membangun sumber daya manusia di Tobasa, Bupati Kasmin menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Del.

Alfred Silalahi, Kasek SMA Unggul Del mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih dengan bantuan fasilitas laboratorium tersebut. Dengan adanya lab tersebut, siswa/i Del diyakini mampu meningkatkan literasi kearifan lokal, khususnya di bidang seni budaya dan film. Ditambahkan, masyarakat setempat juga telah memperoleh kesempatan untuk mengakses seni budaya dan film dengan fasilitas laboratoriumr tersebut.

Usai diresmikan, siswa/i SMA Unggul DEL langsung memanfaatkan fasilitas laboratorium tersebut lewat pertunjukan seni suara dan pemutaran film pendek karya siswa/i SMA Unggul Del.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s