193 BPD SE KECAMATAN BALIGE DAN LAGUBOTI DIAMBIL SUMPAHNYA

BUPATI : “BPD DAN KADES HARUS DAPAT BERSINERGI”

_MG_2976Dalam rangkaian kunjungan kerjanya, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menyambangi warganya di Desa Paindoan, Kecamatan Balige, Senin (22/12). Agenda kunjungan kerja kali ini, Bupati Kasmin Simanjuntak mengambil sumpah 193 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Balige dan Laguboti, serta meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP di wilayah kedua kecamatan tersebut.

Sesuai Keputusan Bupati Tobasa Nomor 237 dan 244 Tahun 2014, para BPD yang dilantik, terdiri dari 159 orang ketua dan anggota BPD dari 29 desa di Kecamatan Balige. Selebihnya merupakan BPD dari 6 desa di Kecamatan Laguboti sebanyak 34 orang.

Usai diambil sumpahnya, Bupati menegaskan, bahwa untuk sinkronisasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat di tingkat desa, para BPD dan seluruh aparat desa harus dapat bekerja secara bersinergi. Kondisi ini katanya sangat penting, apalagi tugas pokok dan fungsi masing-masing telah dijabarkan secara jelas dalam perundang-undangan.

_MG_2996Lebih lanjut kata Bupati Kasmin, sinergi yang dibangun akan semakin lebih penting, khususnya terkait rencana pemerintah pusat yang akan mengalokasikan dana transfer desa yang nilainya diperkirakan cukup besar. Dalam pelaksanaannya nanti, diharapkannya, agar kebersamaan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan program kerja di desa dapat secara bersama-sama dilakukan.

“Bangun sinergi yang harmonis antara seluruh aparat desa, sehingga sasaran pembangunan yang dicita-citakan dapat terwujud”, ujar Bupati Kasmin dihadapan seluruh BPD, para kades, sekretaris desa dan aparat desa yang hadir.

Hal serupa juga disampaikan Kades Hinalang, Andi Siahaan mewakili para kepala desa. Menurutnya, dengan terlantiknya para BPD, akan menjadi dukungan tersendiri bagi desa masing-masing untuk selangkah lebih maju. Hal ini katanya dapat terwujud, apabila kerjasama antara BPD dan seluruh aparat pemerintah desa dapat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Sebelumnya, Kades Paindoan Budiman Siahaan menyambut baik kunjungan kerja Bupati Kasmin di desanya. Dia berharap, kunjungan kerja tersebut, akan semakin mendekatkan para pemangku kepentingan dengan masyarakat, sehingga program pembangunan yang direncanakan untuk wilayahnya dapat disusun sesuai kondisi desanya.

_MG_2997Senada, St Viktor Siahaan, tokoh masyarakat setempat yang juga anggota BPD berharap, dengan kunjungan tersebut, sektor pembangunan di desanya dapat lebih menitikberatkan pada mata pencaharian pokok warga sebagai petani. Diharapkannya, berbagai program di sektor tersebut dapat lebih dikembangkan, sehingga kesejahteraan warga akan semakin meningkat.

Kunjungan kerja ini diakhiri dengan ramah tamah dengan warga desa setempat dengan Bupati Kasmin Simanjuntak dan rombongan yang mendampinginya. Warga sangat antusias untuk bertatap muka dengan Bupati, sekaligus juga memanfaatkan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s