TOBASA PERINGATI HARI IBU KE-86 TAHUN 2014

  • BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK : “PEREMPUAN INDONESIA MERUPAKAN MASYARAKAT YANG TANGGUH”

_MG_2893Untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar peringatan Hari Ibu ke-86 Tahun 2014. Walau dirayakan secara sederhana namun perayaan tersebut mengandung sarat makna dan dihadiri langsung oleh Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Ketua TP PKK Ny Pandapotan Netty br Pardosi, Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto dan isteri, Sekdakab Tobasa Audi Murphy O Sitorus dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Audi Riama br Lumbantungkup , para pimpinan SKPD dan camat, pengurus dan anggota TP PKK Kecamatan dan Kabupaten dan undangan lainnya.

Makna yang terkandung dalam peringatan tersebut, kata Bupati Kasmin Simanjuntak, yakni untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan. Untuk generasi muda, Kasmin berharap, peringatan Hari Ibu dapat mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan.

_MG_2921Melalui peringatan tersebut, makna lain yang dapat digali menurut Bupati Kasmin, dimana perempuan Indonesia merupakan aset yang luar biasa, terutama karena watak dan karakternya yang terbuka, tekun, penyabar dan jujur. Watak seperti ini menurutnya sangat diperlukan apalagi di kondisi saat ini, karena akan membentuk kelompok masyarakat yang tangguh, terbuka, demokratis dan berdedikasi yang tinggi.

Adapun tema yang diangkat, yakni “Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam mewujudkan Pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Sesuai tema tersebut, Bupati Kasmin berharap, akan mampu memotivasi dalam meningkatkan peran dan partisipasi perempuan untuk ikut menentukan dalam mengambil keputusan.

_MG_2898Dalam peringatan ini, juga dibacakan sejarah Hari Ibu oleh Ketua TP PKK Ny Pandapotan Netty br Pardosi. Diuraikan, sejarah hingga Hari Ibu diperingati secara nasional. Secara khusus, kata Netty br Pardosi, peringatan Hari Ibu bertujuan juga untuk mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Disamping itu, katanya lagi, untuk mendorong posisi perempuan sebagai pengambil kebijakan yang responsif gender.

Untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu kali ini, juga digelar lomba paduan suara Hymne dan Mars Hari Ibu antar kecamatan se Tobasa. 16 kelompok paduan suara bersaing untuk memperebutkan hadiah berupa dana pembinaan. Setelah unjuk kebolehan oleh seluruh kelompok paduan suara, akhirnya dewan juri menetapkan paduan suara Kecamatan Balige, Laguboti dan Siantar Narumonda berturut turut sebagai juara pertama, kedua dan ketiga dan berhak atas hadiah dari panitia.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s