BERKAT DANA SURPLUS PNPM-MP, 118 SISWA/I DARI 11 SD TERIMA BANTUAN ALAT TULIS

  • BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK NILAI PNPM-MP BERHASIL BERDAYAKAN MASYARAKAT

_MG_3255Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengakui, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) telah memberikan manfaat yang cukup besar bagi warganya. Disebutkan, telah banyak kegiatan fisik yang dibangun dan sangat bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat, khususnya di pedesaan.

Infrastruktur seperti irigasi, perkerasan jalan, rabat beton, pipanisasi, gedung PAUD dan lainnya, katanya, kini sudah dibangun di beberapa desa. Disamping itu, masih ada kegiatan pemberdayaan kelompok perempuan, yakni simpan pinjam perempuan yang sangat berperan mendongkrak ekonomi rumah tangga.

Namun demikian, sesuai informasi yang berkembang hingga saat ini, kemungkinan besar pemerintah pusat tidak melanjutkan lagi program tersebut. Karena itu, warga dimintanya agar tidak kecewa, karena sebagai gantinya, pemerintah pusat direncanakan akan menyalurkan dana desa yang nilainya juga diperkirakan cukup besar.

“Mudah-mudahan dana tersebut akan terealisasi”, ujar Bupati Kasmin Simanjuntak di sela-sela peresmian kegiatan fisik PNPM-MP di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Selasa (23/12) yang dilaksanakan di Desa Meranti Utara.

_MG_3238Menyikapi hal tersebut, Bupati Kasmin meminta, agar apara desa terus membekali diri terkait rencana pengelolaan dana transfer desa tersebut. Hal ini dimaksudkan, agar dana yang dikelola tersebut tepat sasaran, terencana dan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan desa.

“Terus belajar dan kompak dalam menggali gagasan, merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa”, kata Bupati Kasmin, dan berharap seluruh pemangku kepentingan dapat bekerjasama dengan baik, sehingga target pembangunan yang diharapkan dapat tercapai.

Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Bupati Kasmin Simanjuntak meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP, berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1500 m di Desa Pintu Pohan Dolok berbiaya sekitar 250 juta rupiah. Bangunan serupa sepanjang 1800 meter juga diresmikan di Desa Meranti Utara, dengan biaya berkisar 313 juta rupiah.

_MG_3248Keberhasilan pelaksanaan PNPM-MP di wilayah tersebut, juga dibuktikan dengan adanya dana surplus yang dikelola UPK Kecamatan. Pada kesempatan tersebut, sebagai hasil dari dana surplus tersebut, Bupati didaulat untuk menyerahkan bantuan berupa alat tulis sekolah bagi 188 siswa/i berprestati dan tidak mampu dari 11 sekolah dasar di Pintu Pohan Meranti.

Menyambut kunjungan kerja ini, warga sekitar tampak sangat antusias untuk bertatap muka langsung dengan orang nomor satu di Tobasa tersebut. Dengan tertib, Bupati Kasmin melayani seluruh warga yang berebut untuk bersalaman.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s