BUPATI TOBASA PIMPIAN GELAR PASUKAN OPERASI LILIN TAHUN 2014

  • POLRES TOBASA KERAHKAN DUA PERTIGA KEKUATAN POLRES  AMANKAN NATAL DAN TAHUN BARU

_MG_3197Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak memimpin langsung apel gelar pasukan Operasi Lilin Tahun 2014 di wilayah Kabupaten Tobasa, Selasa (23/12) di lapangan upacara Mapolres Tobasa di Porsea.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin itu ditandai dengan penyematan pita tanda operasi secara simbolis kepada perwakilan antar instansi terkait, seperti personil Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP yang dilakukan oleh Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagai pimpinan apel.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga membacakan amanat Kapolri untuk pelaksanaan Operasi Lilin 2014. Disebutkan, apel gelar pasukan tersebut, diselenggarakan secara serentak oleh jajaran Polda di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai tahapan manajerial yang penting dalam rangka pengecekan terhadap kesiapan akhir pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, materiil, sarana prasarana serta perlengkapan pendukung lainya, termasuk pelibatan seluruh stakeholders.

_MG_3190Lewat Operasi Lilin yang digelar, ditargetkan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Natal dan Tahun Baru baik saat beribadah dan bersilaturahmi diharapkan tercapai. Disamping itu, target keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta distribusi BBM dan kebutuhan pokok juga diharapkan terjaga. Target lainnya, akan tercipta koordinasi dan sinergi yang baik seluruh stakeholders dan terwujudnya system pendataan terhadap semua kejadian untuk mengetahui capaian yang diraih dapat terlaksana.

Sementara, Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto menyebutkan, sebanyak dua pertiga kekuatan Polres Tobasa dikerahkan untuk pengamanan Operasi Lilin 2014 di wilayah hukumnya. Khusus perayaan Natal 24-25 Desember, seluruh personil diturunkan.

Hal itu diungkapkan Kapolres Tobasa AKBP Budi yang diwawancarai sejumlah awak media usai apel gelar pasukan Operasi Lilin 2014 yang digelar di halaman Mapolres Tobasa, Selasa (23/12). Ijadwalkan, operasi tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Desember hingga 2 Januari 2015.

_MG_3218“Untuk Operasi lilin di kerahkan sebanyak 204 personil kita. Bukan hanya personil Polres, juga dibantu BKO dari TNI sebanyak 8 personil, Dishub 16 personil, Satpol PP 6 personil, Dinas Kesehatan 6 personil dan mobil kesehatan, serta 6 orang personil pemadam kebakaran,” tutur AKBP Budi ketika diwawancarai diruang kerjanya didampingi Kabag Ops Kompol Edi B Sinaga, Selasa (23/12).

Diterangkan, sistem pengamanan yang dilakukan berupa penempatan personil secara menetap dan juga patroli. Pengamanan menetap dilaksanakan dengan menempatka 3 unit pos jaga, yakni pos pelayanan di bundaran Balige, Ajibata, dan Pos aju Porsea. Kemudian sistem patroli dilakukan disekitar Jalinsum dan objek-objek vital lainnya.

“Antisipasi bencana alam seperti longsor, kita telah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Tobasa dan PT TPL untuk menyediakan alat berat beserta operatornya yang akan slalu stanbay bila dibutuhkan. Kemudian pemilik Shorum mobil juga telah kita himbau untuk menyumbangkan tenaga, seperti membuat  tenda di SPBU dengan menyediakan spertpark yang dijual. Hal itu perlu bagi kepentingan pengendara,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, terkait pengamanan  di wilayah Kecamatan, kita berdayakan setiap personil Polsek. Semua Polsek telah diinstruksikan untuk melakukan pendataan perayaan Natal di daerahnya. Minimal ada 1 orang personil untuk pengamanan menetap,” katanya.

Libur Natal, Semua Personil Wajib Bertugas

Khusus pengamana perayaan hari Natal mulai tanggal 24-25 Desember, Polres Tobasa menurunkan seluruh personil. Pengamanan akan ditingkatkan untuk setiap perayaan Natal di wilayah hukumnya.

“Personil tidak ada yang izin atau cuti pada hari itu (24-25). Semua personil wajib bertugas. Bagi yg mau ibadah natal, dilaksanakan di tempat bertugas,” tutur Kapolres.

Ia berharap,  perayaaan Natal dan Tahun Baru 2015 berjalan dengan baik. Mereka yang sedang melaksanakan ibadahnya bisa dengan nyaman dan bersukacita, demikianhalnya dengan mereka yang sedang melaksanakan liburannya.

(rel/ft)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s