PERAYAAN NATAL BERSAMA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT TOBASA BERLANGSUNG KHIDMAT

  • “JADIKAN KELUARGA SEBAGAI TITIK AWAL PERJUMPAAN DENGAN SANG PENCIPTA”

_MG_3957Ribuan warga Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dari berbagai kalangan dan profesi yang berasal dari berbagai penjuru desa dari 16 kecamatan memadati Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, untuk mengikuti Perayaan Natal Bersama Pemerintah Kabupaten Tobasa, Sabtu (27/12).

Mengawali perayaan, rombongan sinterklas melakukan pawai di seputaran Kota Balige untuk membagikan sukacita Natal berupa bingkisan Natal kepada warga sekaligus mengajak seluruh warga untuk merayakan Natal bersama Pemkab. Kemudian, dengan start dari Komplek Pesanggrahan, barisan prosesi yang terdiri dari pembawa lilin dan Salib bersama pengkotbah, rohaniawan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), tokoh masyarakat dan para pejabat sipil, TNI/ Polri dan Panitia Pelaksana menuju lokasi ibadah di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige.

_MG_3987Diiringi lagu “O Holy Night”, dilakukan penyalaan lilin oleh Pengkotbah Pdt Demak Simanjuntak, MTh, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wabup Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Boike Pasaribu, Kajari Balige selaku Ketua Panitia Andre Abraham Aruan, Ketua PN Balige T Marbun, Wakapolres Tobasa Kompol R br Siregar, Ketua TP PKK Ny Pandapotan Netty br Pardosi, mewakili Tokoh Masyarakat/ Perantau Prof DR KRT Tarnama Sinambela Kusumanegoro, mewakili Dandim 0210/TU, BKAG Pdt MT Aruan dan mewakili undangan lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan Ibadah Natal yang dipimpin oleh Pdt Bennet Sihombing, MTh, yang diisi dengan melantunkan lagu-lagu pujian dari Kidung Jemaat. Dalam ibadah juga dilakukan penyampaian liturgi oleh perwakilan denominasi gereja, mewakili ragam profesi, para camat dan liturgy oleh Bupati, Wabup, anggota FKPD, Sekdakab dan mewakili SKPD. Di sela-sela ibadah, juga dikumandangkan kidung pujian berjudul “Tuhan Mamasu-masu Hita” oleh para peserta Festival Koor Peduli Tobasa yang dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan Natal tersebut.

_MG_4065Liturgi-liturgi yang disampaikan mengangkat pesan pesan bagi jemaat tentang Firman Allah yang Mencipta, Dosa yang memisahkan manusia dengan Allah, dan Janji kesediaan Allah untuk menjumpai umatNya. Jemaat juga diajak untuk menyampaikan doa janji dan pengampunan serta pengakuan dosa yang dipimpin oleh rohaniawan.

Sementara, Pdt Demak Simanjuntak, MTh dalam khotbahnya sesuai dengan tema perayaan “Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga” (Imamat 26:12), mengajak seluruh jemaat untuk memberikan perhatian yang menyeluruh bagi keluarga. Dikatakan, bahkan dalam mengawali segala sesuatu hal, akan lebih baik dengan melibatkan keluarga untuk memberikan dukungan dan pertimbangan yang positif.

Kerukunan dalam keluarga, katanya, merupakan hal yang sangat penting sehingga nilai-nilai keluarga semakin meningkat. Secara khusus, Pdt Demak meminta agar para orangtua memberikan atensi khusus bagi para generasi muda, untuk menjaga dan membimbing generasi muda sehingga mampu berdaya saing di era kemajuan saat ini.

IMG_4015Ketua Panitia, Andre Abraham Aruan menyebutkan, penyelenggaraan perayaan Natal kali ini menjadi sukacita tersendiri, karena melalui perayaan tersebut seluruh elemen masyarakat dapat dihimpun untuk bersama-sama memberikan kemuliaan bagi Tuhan Juru Selamat.

Selaku Ketua Panita, Andre mengatakan, telah menjadi kebanggaan tersendiri baginya, mengingat dia baru bertugas beberapa bulan sebagai Kajari di wilayah tersebut, dan telah diberi kepercayaan menyelenggarakan kegiatan besar, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk merayakan Natal. Karena itu, dia berterima kasih atas dukungan seluruh pihak, sehingga perayaan tersebut dapat terselenggara dengan baik.

Senada, Ketua DPRD Tobasa Boike Pasaribu mengapresiasi kesiapan panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Boike berharap, sukacita Natal dapat dimaknai dengan baik seluruh elemen masyarakat melalui perayaan tersebut.

_MG_4182Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengaku bersyukur dapat merayakan sukacita Natal bersama seluruh elemen masyarakat Tobasa. Secara khusus, Bupati Kasmin juga berharap melalui perayaan tersebut, masyarakat Tobasa akan selalu rindu dengan perjumpaan akan Allah. Karena hal itu menurutnya, akan menjadi modal utama dalam membangun Tobasa.

Bupati Kasmin juga mengapresiasi seluruh hamba Tuhan, para pendeta, pastor, guru jemaat dan para pelayan gereja , karena dengan pelayanan rohani yang diberikan, menurutnya, telah memberikan pengaruh yang besar untuk menciptakan masyarakat Tobasa yang damai sejahtera. “Semoga kerjasama pemerintah dan lembaga gereja, semakin dapat kita tingkatkan di hari-hari mendatang”, tandas Kasmin.

_MG_4275Usai ibadah, seluruh jemaat, panitia dan para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah diajak untuk menikmati sajian makan malam bersama, sambil dihibur oleh artis-artis Batak asal ibukota seperti Ambisi Trio, Lamtama Trio, Rita Butar-Butar, Retta Sitorus, Rotama Trio, Alvaro Trio, pelawak Merry Manohara dan artis pendukung lainnya. Berbagi kasih dalam perayaan Natal ini juga diwujudkan dengan pemberian bingkisan Natal bagi masyarakat yang kurang mampu dari 16 kecamatan. Para pemenang lomba koor Tobasa Peduli juga berhak atas beberapa hadiah yang diserahkan pada kesempatan tersebut.

Diselingi dengan pesta kembang api, juga dilakukan penarikan lucky draw bagi seluruh hadirin yang hadir dengan berbagai jenis hadiah seperti TV LED, dan berbagai jenis benda-benda elektronik dan hadiah lainnya. Dalam kemeriahan perayaan Natal ini, anggota DPRD Tobasa Bobby Simanjuntak secara spontan menambah hadiah utama lucky draw berupa sepeda motor. Hadiah utama ini diundi langsung Kajari Balige Andre Abraham dan  berhasil dimenangkan seorang anak SD dari Kecamatan Laguboti.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s