BUPATI TOBASA TERIMA PENGHARGAAN DARI KPU PUSAT

_MG_5670Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Rinto P Hutapea, SP menyebutkan, pelaksanaan pemilihan presiden dan legislatif di wilayah Kabupaten Tobasa yang berlangsung baik dan sukses tidak terlepas dari fasilitasi dan dukungan yang diberikan Pemkab Tobasa.

Hal ini dikatakan di sela-sela penyampaian Piagam Penghargaan oleh KPU Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Tobasa yang diterima Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Senin (19/01) di Balige. Sebelumnya piagam tersebut diterima langsung Ketua KPUD Tobasa Rinto P Hutapea dari Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kerjasama dan dukungan yang diberikan Pemkab Tobasa selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, kata Rinto, kini berbuah manis, karena KPU Pusat menganugerahkan penghargaan sebagai Terbaik II di tingkat Nasional kategori Pemilu Akses kepada Pemkab Tobasa, yang terpilih dari sekitar 500 kabupaten/ kota se Indonesia.

_MG_5678Diterangkan Rinto, penghargaan ini diperoleh Pemkab Tobasa, setelah sebelumnya untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai terbaik Pertama untuk kategori yang sama, setelah bersaing dengan 25 kabupaten dan 8 kota se Sumatera Utara.

Keberhasilan ini harap Rinto hendaknya dapat ditingkatkan, mengingat dalam waktu dekat, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, juga akan digelar pemilihan kepala daerah. Dikatakan, mengacu ke Perpu saat ini, tahapan pilkada akan mulai dilakukan pada Pebruari 2015 mendatang, dengan perkiraan pelaksanaan pilkada pada 16 Desember 2015. Maka, sesuai tahapan tersebut, pihaknya telah berencana akan membentuk Panitia Ad Hoc PPK/ KPPS pada bulan Maret mendatang. Diakuinya, Pemkab Tobasa juga melakukan fasilitasi dalam mendukung pelaksanaan pilkada tersebut. Salah satunya dengan dukungan alokasikan anggaran dalam APBD.

_MG_5687Sekretaris KPUD Tobasa, Resbol Lumban Gaol menambahkan, dukungan dan fasilitasi yang diberikan pemerintah daerah sangat dirasakan pihaknya untuk mensukseskan pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif beberapa waktu yang lalu. Bagaimana tidak, kata Resbol, dengan personil yang terbatas, dan wilayah pemilihan yang cukup luas, kesuksesan pihaknya sebagai penyelenggara pemilu tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah. Saat ini, katanya, KPU Tobasa hanya didukung jumlah personil 8 orang PNS organik KPU dan 3 orang PNS daerah yang diperbantukan mendukung kinerja 5 orang komisioner.

Sementara, Bupati Kasmin Simanjuntak mengaku bangga dengan capaian prestasi tersebut. Dan pihaknya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi terhadap seluruh pihak dan penyelenggara pemilu yang telah bekerja dengan ekstra keras untuk mendukung tahapan pemilihan tersebut.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s