BUPATI TOBASA BANTU BIAYA PENGOBATAN WARGANYA

  • Bupati Kasmin: “Segala Biaya Pengobatan  di tanggung oleh Pemkab Tobasa”

Merasa tidak dipedulikan,  seorang ayah, JS nekad membakar  anaknya ( 9 th) di rumahnya sendiri di Desa Hutagaol Peatalun kamis lalu. Hal ini terjadi karena sang ayah tidak dibelikan rokok oleh istrinya.

_MG_5914T br. Simanjuntak ( 35 th ) warga desa Hutagaol Peatalun Kecamatan Balige, kepada beberapa media mengatakan, anak kandung-nya, sedang di rawat di RS HKBP Balige karena luka bakar. Luka bakar yang diderita anaknya, merupakan ulah dari suaminya sendiri .

“Suami saya nekad membakar anak saya, karena saya tidak membelikan rokok kepada dia”, ucapnya sedih, sesaat sebelum dia menjumpai Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak di RS HKBP Balige pada saat rapat koordinasi Pemerintah Kecamatan dan Desa dengan Bupati Toba Samosir, Senin (26/01).

Dikatakannya, dia ingin menceritakan kejadian ini kepada Bupati Toba Samosir, dengan harapan Bupati Toba Samosir bisa mengurangi beban yang sedang dialaminya,karena pihak RS HKBP Balige menolak perawatan anak nya. Mendengar cerita ini, beberapa wartawan  meminta kepada Kabag Humas dan Protokol, Robintang Sitepu, agar T. Simanjuntak bisa menjumpai Bupati Toba Samosir.

_MG_5917Tiorlan br Simanjuntak (39) seketika menangis memeluk sambil memohon bantuan dari Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika keluar dari aula RSU HKBP Balige, usai menghadiri Rapat Kerja dengan aparatur Kecamatan Balige.

Secara Langsung, kepada Bupati Toba Samosir dia menceritakan kronologis kejadian yang sedang dialaminya. “ Amang, dang adong hepengku, bantu hamujo au, Alana  par RS HKBP on manjalo parsikot asa boi dirawat gellekku ( Pak, bantulah saya agar anak saya bisa dirawat di RS HKBP.red)”, ucap br Simanjuntak  sambil menunjukkan Surat Keterangan Miskin ( SKM)  yang diperolehnya dari Kepala Desa Hutagaol Peatalun kepada Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Pak Bupati, lanjut br Simanjuntak,  kami tidak memiliki Asuransi Kesehatan , hanya saja kami sudah mengurus  SKM  namun surat tersebut  tidak diterima oleh pihak RS HKBP Balige katanya kepada Bupati Toba Samosir seraya meminta agar Bupati Toba Samosir bisa mengambil kebijakan.

Secara Spontan, Bupati Toba Samosir Pandapotan kasmin Simanjuntak langsung mengambil uang dari dompetnya, dan memberikanya kepada br Simanjuntak dan mengatakan agar br. Simanjuntak tidak usah menangis dan untuk segala biaya pengobatan anaknya Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang akan membayarkan.

“Pak Camat, mohon agar diberitahukan kepada pihak RS HKBP Balige, segala biaya pengobatan anak ibu ini, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang menanggung”, ucap Bupati Tobasa dengan tegas.

dirawat2Sebelumnya, Br. Simanjuntak menerangkan bahwa anaknya yang sedang dirawat itu masih belajar di bangku kelas 3 di SD Peatalun, namun karena luka dia tidak bisa mengikuti proses belajar di sekolah tersebut.

Bahkan br Simanjuntak juga menceritakan perjuangannya untuk mempertahankan hidup 4 anaknya dan  sang suami  yang sedang mengalami sakit. “ suami saya sedang lumpuh, jadi yang memenuhi kebutuhan sehari hari hanyalah saya, namun dia tega membakar anak saya “, katanya.

(#Amir Siahaan – Mandiri/ Freddy Tobing – New Tapanuli)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s