Berita Terbaru

SEKDA : APARAT PEMKAB TOBASA DIHARAPKAN MILIKI PRINSIP “3T”

SekdakabUntuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menggerakkan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan ke arah yang lebih, aparatur Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diharapkan memiliki prinsip dan sikap yang Tanggap, Tangguh dan Trinidas.

Hal ini diamanatkan Sekretaris Daerah Kabupaten Tobasa Audi Murphy Sitorus sebagaimana disampaikan Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang FP Sitepu, di ruang kerjanya di Kantor Bupati Tobasa, Jumat (06/02), di Balige. Dikatakan, amanat tersebut disampaikan pada apel gabungan yang diikuti seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tobasa, belum lama ini.

 Diterangkan, aparat yang “tanggap” merupakan aparat yang cerdas dan memahami tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sehingga dapat mengemban amanah dengan baik. Pemahaman akan tupoksi, katanya, menjadikan aparat untuk bekerja sesuai dengan koridor yang telah ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan yang belaku.

“Pemahaman akan tupoksi sangat mempengaruhi dalam penyusunan rencana program kerja dan kegiatan yang akan dilaksanakan”, ujar juru bicara Pemkab Tobasa tersebut. Ditambahkan, aparat yang tanggap juga merupakan aparat yang mengetahui kondisi masyarakatnya dan dapat bertindak sesuai dengan kebutuhan warga. Tanggap dapat juga dimaknai, mampu menyiapkan program ataupun kegiatan sesuai dengan perkembangan dan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat.

Selanjutnya, untuk mendukung kinerjanya, kata Robintang, aparatur juga harus didukung dengan kondisi fisik yang prima. Dengan kondisi tersebut, akan tercipta aparat yang “tangguh” yang akhirnya secara maksimal dapat bekerja dan memberikan pelayanan publik yang prima.

Prinsip ketiga yang hendaknya dapat diterapkan dalam aktifitas pekerjaan sehari-hari katanya, yakni Trinidas. Sesuai visi dan misi Pemkab Tobasa dalam mewujudkan aparatur yang berwibawa, disebutkan, dalam melaksanakan seluruh tugas pokok dan fungsinya, harus memiliki tanggung jawab moral.

“Dengan memegang prinsip tersebut, diharapkan citra aparatur pemerintah di mata masyarakat akan semakin baik, dan asumsi negatif semakin terkikis. Maka citra dan pengabdian aparatur pemerintah tersebut, akan mulia di tengah-tengah masyarakat”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s