GEDUNG KANTOR BP4K TOBASA DIRESMIKAN

DIHARAPKAN DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI RUMAH PENYULUHAN

_MG_6916Setelah dibentuk sejak Tahun 2012 sesuai amanat Undang-undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, akhirnya, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Toba Samosir (Tobasa) memiliki fasilitas gedung kantor sendiri. Peresmian Kantor BP4K yang berdiri megah di kawasan Soposurung ini dilakukan oleh Bupati Toba Samosir (Tobasa) yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Ir. Jhon Piter Silalahi, Selasa (10/2) di Soposurung Kecamatan Balige.

Turut hadir pada acara ini Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (Bakorluh) Provinsi Sumatera Utara Bonar Sirait, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Parlindungan Simanjuntak, Kadis Perindagkop Marsarasi Simanjuntak, Kadis Pasar, Pertaman dan Kebersihan Arifin Silaen, para pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa lainnya dan para undangan.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tobasa yang dibacakan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi menyatakan bahwa penyelenggaran penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan suatu hal penting dan strategis. Mengingat melalui kegiatan tersebut dapat dilakukan pendampingan, penyebarluasan informasi pasar, teknologi, fasilitasi, pengembangan kelembagaan, kemitraan, proses pembelajaran dan pengembangan model usaha tani bagi pelaku utama dan pelaku usaha pertanian, perikanan dan kehutanan.

_MG_6905Untuk memaksimalkan fungsi tersebut, diharapkannya, dengan berdirinya kantor tersebut dapat menjadi sarana dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Bupati optimis, keberadaan kantor tersebut dapat menjadi “Rumah Penyuluhan”, sehingga berbagai hal yang perlu difasilitasi dalam bentuk penyuluhan dapat dilakukan di kantor tersebut

Senada disebutkan Kaban P4K Tua Pangaribuan bahwa Pemerintah Kabupaten Tobasa melaui BP4K berkomitmen secara bertahap untuk memberi perhatian terhadap persoalan yang dihadapi sesuai skala prioritas, terutama untuk mendukung program pemerintah pusat menuju kedaulatan pangan.

IMG_6904Dikatakan, pembangunan dan peresmian Kantor BP4K tersebut, merupakan bagian dari kepedulian Pemkab Tobasa terhadap penyelenggaraan penyuluh. Karena itu, dia menghimbau jajarannya, agar seluruh staf dan penyuluh yang bernaung di BP4K mampu untuk meningkatkan kreatifitas dalam penyelenggaraan penyuluhan sehingga mampu meningkatkan produktifitas yang bermuara pada peningkatan taraf hidup dan kesejateraan masyarakat.

Kepala Bakorluh Provsu Bonar Sirait, menyambut baik atas berdirinya kantor BPK4K Pemkab Tobasa. Diharapkannya, dengan fasilitas gedung baru ini, para penyuluh di Tobasa dapat lebih meningkatkan tingkat koordinasi dengan stakeholder, sehingga lebih maksimal dalam melayani.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s