BUPATI HADIRI MUSRENBANG LAGUBOTI DAN SIGUMPAR

_MG_7249Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan secara berjenjang yang diawali di tingkat desa hingga tingkat nasional, dimaksudkan untuk menampung aspirasi masyarakat sesuai dengan skala prioritas kebutuhan, yang nantinya akan dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tingkat provinsi dan kabupaten/ kota. Demikian dikatakan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak,  di Aula Serbaguna HKBP Kecamatan Laguboti, Rabu (18/02), saat memberikan arahan dan bimbingan pada pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Toba Samosir Tahun 2016 Di Kecamatan Tahun 2015.

_MG_7236Ditambahkan Bupati, bahwa Musrenbang-RKPD juga bertujuan sebagai media penajaman dan penyelarasan usulan rencana kegiatan di tingkat desa/ kelurahan yang akan menjadi prioritas di wilayah kecamatan. Bupati mengakui, berbagai masukan, usulan maupun permintaan masyarakat belum sepenuhnya bisa diakomodir, salah satunya diakibatkan keterbatasan anggaran. Karena itu, dikatakannya, pihaknya telah berupaya untuk memperoleh bantuan dana pembangunan dari berbagai pihak termasuk pihak swasta. Namun demikian, Bupati juga mengatakan, usulan yang belum tertampung, secara bertahap, tetap akan menjadi perhatian pihaknya.

Sebelumnya pada laporan Ketua Penyelenggara Musrenbang Kecamatan Laguboti, Welman Sibarani melaporkan bahwa telah dilaksanakan Musrenbang Tingkat Desa dari tanggal 31 Januari sampai 8 Februari di seluruh desa yang ada di Kecamatan Laguboti. Ditambahkannya peserta Musrenbang Kecamatan ini adalah utusan dari 22 Desa/Kelurahan, para tokoh masyarakat, uspika Laguboti, dan TP PKK Kecamatan Laguboti.

Ketua DPRD Toba Samosir Boyke Pasaribu, dalam sambuatan tertulisnya, yang dibacakan oleh Anggota DPRD Ramli Aruan menekankan perlunya perencanaan yang matang melalui musyawarah untuk penentuan skala prioritas pembangunan, sekaligus juga memperhatikan kemampuan keuangan daerah. Secara khusus diharapkannya agar dapat juga diakomodir masalah kesenjangan pembangunan di daerah-daerah terpencil, yang banyak ditemukan saat Anggota DPRD mengadakan Reses. Diakuinya bahwa peran Pemerintah Kabupaten sangat sentral dalam pelaksanaan hasil musyawarah, oleh karenanya DPRD mengajak Pemerintah Kabupaten untuk dapat saling bergandengtangan dan bekerjasama sesuai tufoksi masing-masing demi kesejahteraan masyarakat.

_MG_7208Sebelumnya pada hari yang sama, bertempat di Kantor Camat Sigumpar, Bupati juga mengikuti pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Sigumpar. Pada kesempatan ini Bupati secara khusus memberi dukungan atas usulan warga dalam pembangunan pasar dan terminal di Kecamatan Sigumpar. “Mari bantu Pemkab Toba Samosir menyediakan lahan untuk itu, Saya sangat mendukung usulan ini’, ujar Bupati.

Pada Musrenbang di dua Kecamatan ini, turut serta mendampingi Bupati diantaranya Sekdakab Toba Samosir Audi Murphy Sitorus, Anggota DPRD Netty br. Pardosi, Ramli Aruan, Tua Parasian Silaen, Alo Sianipar, para Kepala SKPD se- Kab. Toba Samosir dan Camat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

2 thoughts on “BUPATI HADIRI MUSRENBANG LAGUBOTI DAN SIGUMPAR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s