Berita Terbaru

PEMKAB TOBASA AKAN LAKUKAN PEREKAMAN KEMBALI KTP-E DI 16 KECAMATAN

Bakhtiar SimanjuntakPemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Spil (Disdukcakpil ) dalam waktu dekat akan melakukan Perekaman KTP elektronik (KTP-E) di 16 kecamatan. Tujuannya untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Tobasa yang belum mendapatkan KTP-E.

“Diperkirakan bulan maret awal tahun ini, kita akan melakukan perekaman KTP elektronik di seluruh kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Toba Samosir, hal ini dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan KTP elektronik, serta untuk memperbarui data yang lama,“ tandas Kadis Dukcapil Sabam Pardosi melalui Sekrearis Dinas Baktiar Simanjuntak, Selasa ( 24/2) di ruang kerjanya.

Pelaksananaan perekaman, lanjut Baktiar Simanjuntak, akan dilakukan di masing masing kantor kecamatan dan sebelumnya menginformasikan kepada masing-masing camat, agar membuat pemberitahuan kepada masyarakat melalui Aparat Desa, bahwa di Kecamatan yang mereka Pimpin akan dilakukan Perekaman KTP Elektronik bagi yang belum melakukan perekaman.

Perencanaan perekaman KTP elektronik di kecamatan, menurut Sekretaris Dukcapil, merupakan suatu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Toba Samosir agar seluruh penduduk yang wajib KTP dapat memperoleh KTP elektronik dan telah mempedomani Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan yang mengamanatkan bahwa instansi pelaksana, melaksanakan urusan administrasi kependudukan dengan kewajiban yang meliputi mencetak, menerbitkan dan mendistribusikan dokumen kependudukan.

Selain Program Perekaman ke Kecamatan, jelas Mantan Kabag Humas Sekretariat Daerah Tobasa ini, pihaknya juga bersedia melakukan perekaman KTP Elektronik ditingkat desa. “sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat, perekaman KTP Elektronik dapat dilaksanakan di desa, dengan membuat permohonan kepada Bapak Bupati”, ucapnya seraya mengajak masyarakat agar melakukan perekaman KTP Elektronik

Diberitahukan Baktiar Simanjuntak, dari 165.000 jiwa wajib KTP warga Tobasa, 8000 jiwa diantaranya belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (KTP-E) termasuk yang pernah melakukan perekaman namun masuk dalam daftar reject. “Jadi, penduduk yang masuk dalam daftar reject atau yang sempat mengikuti perekaman E-KTP tetapi ada kesalahan data, tetap kembali dilakukan pendataan guna perbaikan dan percetakan ulang dengan membawa dokumen KK dan izajah”, paparnya.

(Rel/ #Amir )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s