PEMKAB TOBASA SOSIALISASIKAN SEKOLAH ADIWIYATA

_MG_0969Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) lakukan Sosialisasi Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup dan Pertambangan Toba Samosir bertempat di Aula Guru SMK Negeri 1 Balige, Senin (31/3).

Acara Sosialisasi Adiwiyata ini dibuka langsung oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang juga dihadiri oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Pedal Muda Linda Juliana Simanjuntak, sekaligus menjadi narasumber pada acara tersebut.

_MG_0982Bupati menyambut baik dilaksanakannya acara sosialisasi dan menghimbau peserta yang terdiri dari siswa dan Kepala Sekolah/Guru Pendamping perwakilan dari Sekolah yang ada di Kab. Tobasa untuk menerapkan peduli lingkungan kepada para anak didik di sekolah masing-masing. Dan diharapkan melalui program Adiwiyata selain menciptakan sekolah yang nyaman dan asri juga akan memberikan pendidikan positif melalui pengenalan lingkungan hidup sejak dini kepada generasi muda, juga memberi pemahaman, penyadaran dalam mengelola lingkungan, sehingga siswa/i sekolah bersikap dan berperilaku peduli akan lingkungan sebagai sumber kehidupan (penyedia udara bersih/penyuplai oksigen).

Kegiatan Adiwiyata ini merupakan wujud dari pelaksanaan UU No.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Permen Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang pedoman Adiwiyata dan melaksanakan kesepakatan bersama antara Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan sesuai SKB No. 01 Tahun 2010 tentang pembinaan dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup.

_MG_0978Selanjutnya Bupati menyatakan rasa bangga akan keberhasilan Sekolah SMA Negeri 2 Balige yang berhasil menunjukkan prestasi melalui penghargaan Adiwiyata di Tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Tingkat Nasional pada Tahun 2014 yang lalu. Maka melalui sosialisasi ini diharapkan untuk masa mendatang akan lebih banyak sekolah dari Toba Samosir yang peduli guna memperoleh penghargaan Adiwiyata baik tingkat SD, SMP dan SMA.

Turut hadir pada acara Sosialisasi Adiwiyata ini Kaban LHP Toba Samosir Parulian Siregar, Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi dan perwakilan Dinas Pendidikan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s