Berita Terbaru

TOBASA BUAT PETA GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, pemerintah berkewajiban menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Salah satunya dengan memberikan layanan pendidikan berkualitas. “Semua warga Tobasa baik di perkotaan maupun pedesaan berhak mendapatkan pendidikan berkualitas. Kualitas itu hanya bisa kita berikan jika guru-guru terbaik kita, telah tersebar di seluruh kecamatan dan sekolah,” terang Kasmin saat membuka Konsultasi Publik Program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) di Hotel Sere Nauli, Laguboti, Kamis (9/4) yang juga dihadiri oleh anggota DPRD Komisi C Pagar Tua Siahaan, Sekdakab Tobasa Audi Murphy O. Sitorus dan Kadis Pendidikan Lalo Hartono Simanjuntak.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemkab Tobasa bersama USAID PRIORITAS telah membuat peta guru. Peta ini digunakan untuk mendapatkan informasi penyebaran guru dan mutu pendidikan. Data yang disajikan mampu menunjukkan sekolah-sekolah yang mengalami kelebihan dan kekurangan guru, guru-guru yang kekurangan jam mengajar, yang belum memenuhi kualifikasi dan prediksi guru yang akan pensiun. Dengan data-data tersebut Pemkab Tobasa dapat merumuskan kebijakan yang lebih efektif untuk memastikan pemerataan mutu pendidikan. “Saya berkomitmen untuk memastikan setiap sekolah yang ada di Tobasa memiliki guru yang berkualitas,” tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Tobasa Lalo Hartono Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah merumuskan sejumlah kebijakan untuk melaksanakan PPG. Kebijakan ini bertujuan akan mendorong pemerataan kualitas pendidikan. Kebijakan-kebijakan yang direncanakan seperti rekruitmen guru baru, pendistribusian guru ke sekolah-sekolah yang kekurangan guru, pemberian tunjangan khusus untuk guru yang bersedia ditempatkan di daerah yang jauh, pemberlakuan guru mobile, mengajar kelas rangkap dan kerjasama dengan LPTK untuk meningkatkan kualifikasi. “Kebijakan ini akan efektif dikerjakan jika semua pihak memberikan dukungan. Untuk itu kita harus bersedia memikirkan kepentingan yang lebih besar yaitu masa depan anak-anak Tobasa,” tegasnya.

Akademisi Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Effendi Napitupulu, M.Pd, mengatakan Pemkab Tobasa perlu menindaklanjuti hasil rekomendasi PPG. Ia meminta Pemkab Tobasa untuk melakukan dua hal. Pertama, Pemkab melakukan perencanaaan program yang sistemik, efektif dan efesien untuk mengimplementasikan rekomendasi PPG. Sekretaris Daerah (Sekda) diharapkan memimpin perencanaan ini. Kedua, Pemkab Tobasa membuat peraturan-peraturan yang bisa memperkuat pelaksanaan PPG. “Kita berharap implementasi rekomendasi PPG ini bisa membuat mutu pendidikan Tobasa semakin baik,” tambah putra daerah Tobasa ini.

Ahli Tata Kelola dan Manajemen Pendidikan USAID PRIORITAS Sumut Rimbananto, mengatakan peta guru dan kebijakan yang disusun Pemkab Tobasa merupakan langkah maju. Kebijakan ini merupakan praktik baik yang dapat ditiru oleh kabupaten/kota lain di Indonesia. “Program penataan dan pemerataan guru merupakan bagian penting dari visi misi Presiden Joko Widodo. Artinya kebijakan yang dibuat di Tobasa, juga mendukung program kerja presiden,” tambahnya.

Dinas Pendidikan dan USAID PRIORITAS menggelar konsultasi publik PPG untuk mendapatkan masukan atas hasil analisa data pendidikan di Tobasa. Kegiatan ini juga dihadiri Sekda Tobasa Audi Murphy O. Sitorus dan perwakilan Komisi C DPRD Tobasa Pagar Tua Siahaan. Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID). Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s