TOBASA PERSIAPKAN PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Dalam rangka meningkatkan disiplin, mengingatkan tentang beban tugas dan volume kerja pada masing-masing instansi maka Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) secara rutin melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) setiap bulannya. Rakor yang dilaksanakan di Balai data Kantor Bupati, Rabu (8/4), dibuka langsung oleh Bupati Toba Samosir yang dihadiri seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tobasa.

Rakor kali ini menghadirkan Narasumber A. Sukarsono, S.T, M.C.S dari pihak Management Diginet Media Yogyakarta memaparkan tentang Program Information Communication Technology (ICT), dengan menghadirkan program aplikasi berbasis teknologi informasi yang dapat mendukung kinerja SKPD dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dalam paparannya A. Sukarsono menjelaskan bahwa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah Kabupaten/Kota merupakan hal yang penting dalam pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance Government/3G), guna meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat yang cepat akurat dan tepat waktu. Pihak Diginet Media menampilkan beberapa aplikasi yang telah disiapkan seperti Sistem Perizinan Online, Aplikasi Pengawasan dan Pengaduan Perizinan (WASDU), SIG Potensi Investasi Daerah dan Sistem Informasi Profil Daerah (SIPD).

Dalam sambutanya Bupati mengapresiasi kehadiran pihak Diginet Media dengan Program ICT yang nantinya dapat meningkatkan mutu pelaksanaan program berbasis teknologi. “Jadikan Rapat Koordinasi ini sebagai sarana menyatukan pemahaman dan menggali pengetahuan guna meningkatkan mutu pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Tobasa yang kita cintai ini”, ujar Bupati.

Sementara itu Sekretaris Daerah Audi Murphy O. Sitorus menyatakan, sejalan dengan kemajuan teknologi yang berkembang saat ini maka pelayanan masyarakat dengan penerapan IT sudah sangat mendesak sehingga diharapkan menjadi perhatian bagi seluruh pejabat di jajaran Pemkab Tobasa. “Bahkan sebagaimana dipaparkan oleh pihak diginet media, melalui aplikasi berbasis teknologi nantinya kinerja setiap aparat dapat dikendalikan dan dimonitor melalui perangkat android (Handpone) setiap saat”, pungkas Sekda.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s