BAWASLU RI BERSAMA PEMKAB TOBASA SOSIALISASI PENGAWASAN DAN PENANGANAN PENYELENGGARAAN PILKADA

DSCN0279Pemilihan kepala daerah secara serentak akan dilaksanakan dalam enam gelombang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015. Gelombang pertama direncanakan dilaksanakan pada bulan Desember 2015 untuk daerah yang masa akhir jabatan Kepala Daerah-nya berakhir pada tahun 2015 dan semester I pada tahun 2016. Demikian disampaikan oleh Bupati Toba Samosir (Tobasa) dalam sambutan tertulisnya pada acara sosialisasi pengawasan dan penanganan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015, kepada stakeholder dan elemen masyarakat, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Drs. Audi Murphy O. Sitorus, SH, M.Si, Rabu (15/04), di Aula Asrama Yayasan Soposurung Balige.

DSCN0241Bupati menyampaikan bahwa pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dalam NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Demi kelancaran tugas, wewenang dan kewajiban Penyelenggara Pemilu, maka Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku”, ungkapnya

Lebih lanjut disampaikannya Pemkab Tobasa secara intensif akan melakukan koordinasi dengan KPU Kabupaten Tobasa, baik dalam persiapan anggaran juga terkait dengan pemukhtahiran data kependudukan serta penyiapan kesekretariatan.

Kepala Bawaslu RI Nelson Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengawasan di seluruh tahapan dan aspek pemilihan oleh Pengawas Pemilu sangat diperlukan untuk menjamin kualitas dan integritas Pemilihan Kepala Daerah. “Peran serta masyarakat dalam pengawasan partisipatif sangat diperlukan dalam mengawasi pelaksanaan pemilukada demi terwujudnya pemilu yang bersih dan kondusif”,  ucapnya.

DSCN0270Pada kegiatan sosialisasi ini selain diisi dengan pemaparan para narasumber, dan diskusi, juga dilakukan pemberian cenderamata berupa ulos kepada Ketua Bawaslu RI oleh Sekdakab Tobasa dengan didampingi tokoh masyarakat, tokoh agama dan perwakilan partai politik.

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu RI Nelson Simanjuntak, yang dihadiri Ketua Bawaslu Pronvinsi Sumatera Utara Safrida R Rasahan, Ketua Pengadilan Negeri Balige T. Marbun, Dandim 0210/TU Letkol Inf. Baginta Bangun, Ketua KPU Kabupaten Toba Samosir Rinto Hutapea, ST, Ketua Panwaslu Kabupaten Toba Samosir Guntur Hutajulu, serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perkindungan Masyarakat Budiyanto Tambunan, SE.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s