LIBERTY PASARIBU LAKUKAN PENCANANGAN BULAN BHAKTI SOSIAL IBI-KB KESEHATAN TINGKAT KABUPATEN TOBA SAMOSIR TAHUN 2015

_MG_2242Ikatan Bidan Indonesia (IBI) lakukan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2015 di Aula Akper HKBP Balige, 20 April 2015. Kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-Kes Tingkat Kabupaten Tobasa dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu yang turut dihadiri oleh Ka. Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Utara drg. Widwiono, M.Kes, Plt. Kepala BPPAKB dr. Juliwan Hutapea, Kepala Dinas Kesehatan dr. Frida Sinaga, Ketua IBI Toba Samosir Siti Nuraya Sirait, SKM, M.Kes dan BPJS P. Siantar.

Dalam sambutanya Plt. Bupati Tobasa menyebutkan melalui kegiatan ini membuktikan bahwa kita semua, termasuk Pemerintah dan Pengurus Cabang IBI, sebagai organisasi mitra pemerintah, ikut terlibat dalam memikirkan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan, yang diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat serta kontribusi pada pencapaian sasaran atau target program Kependudukan dan Keluarga Berencana setiap tahunnya.

Selanjutnya Liberty menghimbau kepada seluruh anggota IBI Toba Samosir untuk menjadi ujung tombak dalam peningkatan program pelayanan KB hingga ke pelosok desa, sehingga masalah ledakan pertumbuhan penduduk dapat diatasi, ujar Liberty.

_MG_2276Setelah Pencanangan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2015, Plt. Bupati Tobasa melakukan peninjauan pelayanan KB didampingi oleh Ka. Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Utara drg. Widwiono, M.Kes, Ketua IBI Toba Samosir Siti Nuraya Sirait, Kadis Kesehatan dr. Frida Sinaga dan Plt. Ka. BPPAKB yang diselenggarakan IBI Tobasa bekerjasama dengan BPPAKB dan Dinas Kesehatan Tobasa.

Sebagaimana dilaporkan oleh Ketua IBI Tobasa Siti Nuraya Sirait, SKM, M.Kes bahwa sasaran pelaksanaan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif organisasi profesi IBI dalam pengelolaan dan pelayanan KB dan Kesehatan yang mencakup seluruh wilayah Kecamatan se-Kab. Tobasa termasuk daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan. Dan sesuai program yang telah dijadwalkan, maka pada tanggal 30 April 2015 akan diadakan pelayanan KB Kontap di RSU Porsea dan dilanjutkan dengan Penyuluhan Pelayanan KB di Ulu Bius Porsea tanggal 03 Mei 2015, urai Siti Nuraya.

Anggota IBI se-Kab. Tobasa berjumlah 377 orang yang tersebar di seluruh wilayah Tobasa, baik di Poskesdes, Puskesmas Pembantu, Puskesmas Kecamatan kita harapkan akan ikut berpartisipasi aktif mengatasi ledakan penduduk melalui pelayanan KB dan pengelolaan kesehatan langsung kepada masyarakat untuk mendukung program nasional, ujar Siti Nuraya.

 (Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s