PLT. BUPATI TOBA SAMOSIR : “JANGAN ADA KECURANGAN, JUAL KURSI DAN PENGATURAN NILAI DALAM PENERIMAAN SISWA BARU”

DSC07023Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, Msi secara resmi membuka acara Rapat Koordinasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun Pelajaran 2015/2016 di aula SMK Negeri 1 Laguboti , Rabu (29/4). Acara yang turut dihadiri Ramli Aruan, anggota Komisi C DPRD Tobasa ini bertujuan untuk mengumpulkan saran dan masukan untuk menyusun pedoman pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) TP. 2015/2016.

Dihadapan peserta yang terdiri dari para Camat, Kepala UPTD Kecamatan, Kepala Sekolah SMA Negeri, Kepala SMP Negeri, Kepala Desa Hinalang Bagasan dan Lurah Sangkarnihuta, Plt. Bupati Tobasa berharap kebijakan akan adanya regulasi berupa rayonisasi mendapat masukan dari semua pihak sehingga PSB tahun pelajaran 2015/2016 kondusif dan lancar serta dapat memuaskan semua pihak. ”Harapan saya penerimaan siswa baru ini tidak ada praktek kecurangan, jual kursi dan pengaturan perangkingan nilai ujian nasional dan ujian sekolah,” kata Liberty Pasaribu.

DSC07004Sesuai dengan visi misi Pemkab Tobasa, lanjut Liberty, sektor Pendidikan adalah nomor dua, karena saya menyadari hanya sektor pendidikanlah yang dapat mengangkat derajat masyarakat Toba Samosir untuk dapat berdaya saing di kancah nasional bahkan di internasional. “Untuk itu saya mengajak para kepala sekolah menyadari hal itu dan memikirkan solusi. Contohnya, bisa juga untuk tingkat SMP untuk membuat mata pelajaran tambahan,” kata Plt Bupati Tobasa.

Ditambahkannya, setiap Kepala Sekolah hendaknya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekolah. ”Mari kita tanamkan rasa cinta akan keindahan dan kebersihan kepada anak didik kita semua,” tandasnya. Pada bagian akhir arahannya, Plt Bupati Tobasa juga menginstruksikan kepada Kadiknas Tobasa Drs. Lalo Simanjuntak supaya menjadwalkan Rapat Kerja bersama dengan para Kepala Sekolah se-Kabupaten Tobasa.

Sementara itu, Ramli Aruan , Anggota DPRD Tobasa , mengatakan melalui kebijakan rayonisasi ini diharapkan diperoleh pemerataan siswa di setiap sekolah. “Peningkatan mutu sekolah, mengatasi kekurangan tenaga pendidik, adanya peran serta Dewan Pendidikan setempat adalah untuk mendapatkan mutu pendidikan yang lebih baik,” ucapnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s