PLT BUPATI TOBASA RESMIKAN PNPM 2014 KEC. PARMAKSIAN

_MG_4396Peresmian Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) bukanlah acara seremonial saja, tetapi lebih dari itu, adalah merupakan acara yang didalamnya ada muatan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat yang kita terima sejak adanya kegiatan Program Pengembangan Kecamatan pada tahun 2008 dan berubah menjadi kegiatan PNPM –Mandiri Pedesaan sejak tahun 2009 sampai tahun 2014 yang lalu.

Demikian dikatakan Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu pada acara peresmian Kegiatan Fisik PNPM-MPd Kecamatan Parmaksian, di aula kecamatan, Selasa (19/5). Tampak hadir hadir Ketua DPRD Tobasa Ir. Boyke Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tobasa Tonny Simanjuntak dan unsur Muspika setempat.

“Melalui kedua program tersebut masyarakat Kabupaten Toba Samosir telah menikmati berbagai fasilitas pembangunan dan dipelihara atau dilestarikan masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu saya menghimbau seluruh warga Kecamatan Parmaksian agar memanfaatkan dan memelihara semua hasil pembangunan termasuk yang telah saya resmikan pada hari ini,” katanya.

Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu juga mengatakan sangat diperlukan adanya upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. ”Khususnya bagi aparat dan lembaga-lembaga desa. Karena untuk menjadi subjek pembangunan tidak cukup dengan bekerja keras, rajin dan jujur tetapi yang tidak kalah penting harus memahami dan menuruti peraturan perundang-undangan”. kata Liberty Pasaribu.

Ditambahkannya, setiap penyelenggara pemerintahan desa agar melaksanakan 5 hal. 1.Memanfaatkan setiap kesempatan untuk mempelajari semua peraturan perundang-undangan tentang desa, termasuk mengikuti pelatihan atau bimbingan teknis yang ada.2. Melakukan konsultasi .3 Membangun komunikasi dengan musyawarah.4. Membangun sistem informasi terbuka dan menerima kritik dan alat instropeksi diri.5. Memanfaatkan potensi desa secara optimal agar dana yang digunakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Sebelumnya, Camat Parmaksian J.Situngkir melaporkan kegiatan fisik sarana dan prasarana PNPM –MP Kecamatan Parmaksian Tahun Anggaran 2014 mendapat alokasi dana sebesar Rp.600.000.000,- yang mendanai 3 kegiatan fisik dan 2 Kelompok Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) di desa.

Kegiatan fisik adalah 1. Di Desa Dolok Nauli , usulan pembangunan irigasi , dengan volume 327 m,penambahan 23 m , alokasi dana sebesar Rp.149.154.000 dan musyawarah serah terima berlangsung 10 November 2014 lalu.2. Desa Tangga Batu II usulan pembangunan irigasi dengan volume IMG_4318335 m, realisasi 365m penambahan 32 m ditambah 1 unit pintu air alokasi dana Rp.154,449.000,- musyawarah serah terima berlangsung tanggal 27 Pebruari 2015. 3. Desa Lumban Sitorus, usulan pembangunan irigasi volume 405 m realisasi 438 m, penambahan 33 m alokasi dana Rp.146.082.000,- musyawarah serah terima berlangsung tanggal 29 April 2015.

Sementara untuk Kegiatan Simpan Pinjam yaitu:1. Diberikan kepada Simpan Pinjam Kelompok Perempuan “Mardongan” Desa Lumban Manurung jumlah anggota 10 orang alokasi dana Rp.77.893.000,- 2. Diberikan kepada Simpan Pinjam Kelompok Perempuan “Lamtau” Desa Tangga Batu II jumlah anggota 10 orang alokasi dana Rp.68.422.000,-

“Dengan penambahan dana dan simpan pinjam kelompok perempuan di Kecamatan Parmaksian Tahun 2014 sebesar Rp.1.072.426.672,- dengan 35 jumlah kelompok dan perguliran di Kecamatan Parmaksian 15 kali perguliran yang sampai pada saat ini berjalan dengan lancar” terang camat mengakhiri laporannya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s