TOBASA PERINGATI HARKITNAS KE-107

Harkitnas 01Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-107 tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2015, diawali dengan pelaksanaan ziarah nasional di Taman Makam Bahagia Soposurung, Rabu (20/05) di Balige. Peringatan kali ini mengambil tema “Melalui Hari Kebangkitan Nasional Kita Bangkitkan Semangat Kerja Keras Mewujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera”. Dalam ziarah yang dilakukan untuk mengenang perjuangan para pahlawan Kebangkitan Nasional, dilakukan peletakan karangan bunga serta penaburan bunga, dengan dipimpin oleh Kajari Balige Andrea Abraham Aruan, yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Harkitnas 02Setelah pelaksanaan ziarah nasional, rombongan Bupati Toba Samosir beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), menuju Lapangan Sisingamangaraja XII, di Balige, untuk mengikuti upacara sebagai kegiatan puncak peringatan hari bersejarah nasional ini. Dalam upacara, yang juga diikuti PNS di lingkungan Pemkab Toba Samosir, TNI, Polri, siswa/I SD, SMP, SMA/SMK dari beberapa lembaga pendidikan di Toba Samosir ini, Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu bertindak selaku Inspektur Upacara. Upacara yang berlangsung sederhana namun penuh hikmat ini, juga diisi dengan persembahan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan Paduan Suara SMA Negeri 1 Balige.

Harkitnas 03Dalam sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika, yang dibacakan oleh Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, mengajak untuk mengenang semangat perjuangan The Founding Fathers bangsa untuk diambil sebagai teladan. Proses panjang perjuangan mereka telah menghasilkan lahirnya bangsa besar Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Lebih lanjut ditambahkannya dalam visi misi Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-JK bahwa pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan Pemerintahan Indonesia sekarang ini. Pembangunan karakter yang disebut dengan Revolusi Mental tersebut diharapkan akan menghasilkan sumberdaya manusia Indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan.

Menkominfo berharap momentum HARKITNAS ini harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada. Tidak ada bangsa yang maju tanpa perjuangan dan kerja keras ujar Menkominfo.

Mengakhiri sambutannya Menkominfo mengajak untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dalam melaksanakan pembangunan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s