PEMKAB TOBASA BERIKAN BANTUAN UEP DAN RTLH TAHUN 2015

UEP 001Kegiatan Pendayagunaan Lanjut Usia Produktif kembali digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Sosial dengan memberikan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Acara penyerahan Bantuan UEP dilakukan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Porsea, Kamis (21/5) yang dihadiri langsung Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu, didampingi oleh Sekdakab Tobasa Audi Murphy O. Sitorus, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kadis Sosial Labinsar Sirait, Kadis Pertanian dan Camat.

UEP 01Bantuan UEP kepada (40) empat puluh orang Lansia yang berasal dari empat Kecamatan yaitu, Kecamatan Porsea, Bonatua Lunasi, Ajibata, Parmaksian, secara simbolis diserahkan oleh Liberty Pasaribu kepada tiap perwakilan Kecamatan. Setelah penyerahan bantuan UEP, Bupati juga menyerahkan bantuan Fasilitasi dan Stimulasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada 12 (dua belas) keluarga, yang merupakan keluarga kurang mampu yang memiliki rumah diatas tanah sendiri, namun bangunan rumahnya tidak layak huni lagi.

Dalam sambutanya Plt. Bupati  menghimbau para Lansia penerima bantuan agar dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk meningkatkan kondisi ekonomi dan membantu mengatasi masalah ekonomi pada usia lanjut. “Pemerintah akan berupaya secara terus menerus memberikan pelayanan kepada Lansia guna peningkatan kesejahteraan sosial, dan pemenuhan kebutuhan ekonomi melalui program UEP,” ujar Liberty.

UEP 02Pemberian bantuan Fasilitasi dan Stimulasi RTLH bagi keluarga miskin ini bertujuan untuk memutus mata rantai kemiskinan. “Untuk itu manfaatkan bantuan ini untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih layak, hidup sehat dan bersih dengan rumah yang layak huni,” himbau Plt. Bupati.

Kepada para Camat dan Kepala Desa agar ikut bertanggung jawab serta memonitoring bantuan yang diberikan, dan bagi lembaga/instansi terkait diharapkan agar benar-benar peduli pada permasalahan sosial Lanjut Usia dan Rumah Tdak Layak Huni khususnya di Kabupaten Toba Samosir, tutup Liberty.

Jenis Bantuan UEP yang diberikan pada Lansia adalah alat-alat pertanian, berupa hand sprayer, beko, cangkul, sekop, arit dan garu. Sedangkan bantuan RTLH kepada keluarga kurang mampu adalah bahan bangunan untuk keperluan pembangunan rumah. Sebagaimana dilaporkan oleh Kadis Sosial kepada Plt. Bupati bahwa bantuan RTLH akan direalisasikan pada bulan Juni Tahun 2015.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s