Berita Terbaru

LIBERTY PASARIBU RESMIKAN PROYEK PNPM DI BALIGE

IMG_4994Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Jumat (22/05), menandatangani prasasti peresmian kegiatan fisik Proyek PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2014 di Kecamatan Balige. Acara seremonial peresmian ini dilaksanakan di Desa Bonan Dolok III. Proyek yang diresmikan adalah Irigasi Bondar Siarung-arung, yang terletak di desa Bonan Dolok III, sepanjang 1019 meter dengan alokasi dana kurang lebih 340 juta dan Irigasi Liang sipege, di desa Hutagaol Peatalun, sepanjang 756 meter dengan alokasi dana sekitar 282 juta. Selain itu Kecamatan Balige juga mendapat alokasi dana bergulir Simpan Pinjam Perempuan (SPP) untuk 3 kelompok dengan alokasi dana mencapai 6o juta.

IMG_5009Untuk Tahun Anggaran 2015, Plt. Bupati juga menyerahkan dana bergulir Simpan Pinjam Perempuan (SPP) kepada Kelompok Bunga yang berasal dari Kelurahan Napitupulu Bagasan dengan dana sebesar 95 juta dan bantuan berupa bibit jagung bagi warga desa Bonan  Dolok III dan desa Hutagaol Peatalun. Secara Khusus Plt. Bupati menyampaikan apresiasi atas kinerja Kelompok Bunga yang berhasil mendapatkan kepercayaan penggunaan dana bergulir SPP untuk tahap kedua. “Hal ini tentunya didasarkan atas ketaatan mengembalikan pinjaman pada tahap pertama. Jadi pergunakanlah dana ini sebaik-baiknya,” pinta Liberty.

Sebelumnya saat menyampaikan sambutannya Liberty meminta masyarakat memelihara semua hasil pembangunan yang telah dinikmati masyarakat dengan adanya Proyek PNPM-MPd selama ini.

Liberty menambahkan bahwa dengan berakhirnya proyek PNPM-MPd, bukan berarti pembanganan desa menjadi semakin jauh, namun perhatian pemerintah akan kemajuan desa semakin besar melalui dua pendekatan yaitu “Desa Membangun” dan “Membangun Desa”. Plt. Bupati menambahkan pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa terdapat tujuh sumber pendapatan desa, sehingga jumlah dana untuk membangun desa relatif besar. “Inilah bukti pemerintah terus berupaya meningkatkan kemajuan desa,” tutur Liberty.

Tinjau SD 173541 dan Gotong Royong Massal

IMG_4928Sebelum dimulainya acara peresmian, Liberty menyempatkan diri berbaur dengan warga desa yang sedang melaksanakan gotong royong massal pembersihan saluran air di sepanjang jalan di Desa Bonan Dolok I, Bonan Dolok III, Matio, Hutanamora dan Huta Dame.

Tampak Liberty menyapa para warga dengan akrab, seraya memberi semangat kepada warga untuk menyelesaikan seluruh kegiatan dengan senang hati. “Saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan seperti ini. Hal ini menunjukkan kesadaran warga dalam menjaga hasil pembangunan. Disamping itu perlu kita ingat gotong royong adalah merupakan filosofi bangsa yang harus tetap kita jaga bersama,” ucap Liberty kepada masyarakat yang turut dalam gotong royong tersebut.

IMG_4977Selanjutnya Liberty juga menyediakan waktu untuk meninjau SD 173541 Bonan Dolok. Plt. Bupati memasuki beberapa ruangan kelas yang ada di SD tersebut. Di ruangan kelas II dan III Liberty tampak melakukan interaksi dengan mengajak bernyanyi bersama para siswa. Kepada beberapa siswa Liberty mengajukan beberapa pertanyaan, yang dijawab dengan polos, sehingga terkadang mengundang senyum Plt. Bupati. Bahkan di ruang Kelas I Liberty tampak sangat senang, ketika salah seorang siswa dengan percaya diri dapat menjawab beberapa soal berhitung yang diajukannya.

IMG_4968Secara umum Plt. Bupati merasa bangga melihat anak didik di sekolah tersebut. Kepada Kepala Sekolah Liberty menyampikan ucapan terima kasihnya atas kinerja yang ditunjukkan dalam mendidik siswa dan menjaga kebersihan di sekolah tersebut, seraya berpesan agar jika memungkin lebih ditingkatkan lagi.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s