TOBASA MONITORING BERAS SINTESIS DI PASAR TRADISIONAL PORSEA

pasar porsea3Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) antisipasi keresahan masyarakat sekaitan maraknya informasi tentang beras yang mengandung unsur plastik yang beredar di pasaran. Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu bersama tim dari Dinas Perindagkop dan Polres Tobasa lakukan monitoring langsung ke Pasar Tradisional
Porsea, Rabu (3/6).

Ketika Plt. Bupati melakukan komunikasi dengan para pedagang beras yang berada di Pasar Porsea, para pedagang nampak antusias menyambut kehadiran Liberty dengan tim yang peduli akan isu-isu yang meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. “Porlu do antong songonon dibaen pamarentah, asa mabiar akka pelaku na i,” (red: Pemerintah sangat tepat melakukan monitoring seperti ini agar pelaku/penyebar isu itu insyaf) ujar seorang ibu bermarga Sitorus disela-sela kunjungan tim.

pasar porsea2Para pedagang mengaku sebenarnya beras yang mereka jual semua murni beras lokal, tidak ada beras plastik/sintetis di daerah kita ini tetapi merupakan hasil pertanian di daerah ini, ujar P. br Sirait salah satu pedagang yang dijumpai oleh Liberty.

Ada beberapa pedagang beras yang ditemui Plt Bupati bersama Kasat Reskrim Polres Tobasa dan Kepala dinas terkait saat monitoring. Namun hasil pantauannya, tidak ada ditemukan beras plastik di jual oleh para pedagang beras. “Benar, tidak ada kami temukan beras plastik dijual para pedagang, dan saya yakin di pasar lainnya pun di Tobasa ini, tidak ada beras plastik itu,” katanya.

pasar porsea1Liberty yakin tidak ada beras plastik beredar di daerah ini karena daerah Porsea juga merupakan salah satu lumbung berasnya Tobasa. Hasil pertanian daerah ini masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat daerah ini, ujarnya.

Usai monitoring beras, Plt Bupati bersama rombongan melanjutkan monitoring, ke beberapa toko kelontong dan toko P&D untuk memastikan ada tidaknya barang dagangan seperti roti dan jenis lainnya yang kadaluarsa (exp. date). Dari sejumlah toko atau Usaha Dagang (UD) yang di kunjungi, tidak ada ditemukan jenis barang dagangan yang kadaluarsa, semuanya masih dalam kondisi baik.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s