PLT. BUPATI TOBASA HADIRI PAMERAN PROYEK AKHIR INSTITUT TEKNOLOGI DEL

_MG_5820Sebagai wujud ekspresi berkarya Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu melakukan pemukulan gong, pada acara pembukaan Pameran Proyek Akhir Mahasiswa IT Del, Jumat (12/06), di Kampus IT Del Sitoluama, Kab. Toba Samosir. Pameran yang menampilkan hasil karya mahasiswa dari tingkat I dan tingkat II, berupa inovasi teknologi informasi ini dilaksanakan selama satu hari, yang diikuti sebanyak 41 kelompok mahasiswa tingkat I dan 32 kelompok dari tingkat II.

Dalam sambutannya Liberty Pasaribu menyampaikan bahwa kehadirannya pada pameran ini selain ingin melihat secara langsung hasil karya mahasiswa, juga sekaligus untuk mencoba memahami apa yang dimiliki oleh pihak IT Del, yang bisa diterapkan di Pemkab Toba Samosir demi kemajuan pelayan terhadap masyarakat.

IMG_5860“Pemkab Toba Samosir harus memanfaatkan keberadaan IT Del dan sebagai langkah awal Saya berfikir untuk membangun suatu sistem informasi untuk manajemen pegawai dan inventaris barang pemerintah.” ujar liberty.

Liberty menambahkan kekagumannya atas sosok Luhut Pandjaitan, pendiri IT Del yang memiliki peran besar dalam memajukan sumber daya manusia. Liberty menuturkan kesefahamannya dengan visi pendiri IT Del tersebut, bahwa hanya sumber daya manusialah potensi terbesar untuk mencapai kemajuan. “Oleh karena itu sumber kekuatan yang harus dibangun di Toba Samosir adalah manusia, seperti yang telah dilakukan oleh pak Luhut Pandjaitan melalui keberadaan IT Del selama ini,” ungkap Liberty.

_MG_5831Pameran ini, seperti disampaikan koordinator proyek, merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menampilkan hasil karya yang telah mereka kerjakan selama satu semester. Ditambahkannya untuk mahasiswa tingkat I diberi proyek pembuatan Media Pembelajaran Sains untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sementara untuk mahasiswa tingkat II mengerjakan Sistem Informasi untuk kalangan internal IT Del dan pihak luar kampus. Untuk pihak luar, mahasiswa mengerjakan proyek untuk pihak Yayasan Soposurung Balige, SMA Unggul Del, Klinik di Laguboti dan Bagian Humas Pemkab Toba Samosir.

Sementara itu, Rektor IT Del Prof  Dr Roberd Saragih MT mengatakan salah satu keunggulan mahasiswa IT Del adalah karena mereka selalu diberi tugas proyek akhir. Roberd menambahkan bahwa apa yang dikerjakan para mahasiswa adalah hal-hal yang berhubungan dengan kasus yang sering ditemui sehari-hari. “Oleh karenanya kita berharap ada hal yang bisa didapat dari proyek ini, yang berguna bagi masyarakat,” pungkas Roberd.

Kabag Humas dan Protokol Alberth Sidabutar, sebagai salah satu user dari proyek ini mengatakan, perkembangan IT yang sangat cepat tentunya memberi dampak positif pada berbagai aspek pekerjaan kehumasan. “Dengan adanya Sistem Informasi Kehumasan yang dihasilkan oleh mahasiswa IT Del, akan memberi kemudahan bagi pihak humas dalam mengelola data wartawan dan klipping berita/informasi yang berasal dari media cetak,” ujar Alberth.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s