UJI COBA KMP SUMUT RUTE BALIGE-SIPINGGAN SUKSES

kmpUji coba rute Balige (Tobasa)-Sipinggan (Samosir) KMP Sumut yang dioperatori PT.Pembangunan Prasarana Sumatera Utara berlangsung sukses. KMP ini tiba dan bersandar mulus di dermaga pelabuhan Balige sekitar pukul 12.15 WIB ,Jumat (12/6) dengan membawa Wakil Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon,MM, Kadis Perhubungan Propinsi Sumut Anthony Siahaan,SE,ATD,MT , Azril (mewakili pihak operator) dan rombongan. Rombongan ini disambut oleh Plt Bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu, Sekdakab Audi Murphy Sitorus, Kadis Perhubungan Tobasa Drs Salomo H.K Simanjuntak , Camat Balige Drs.Sahala Siahaan dan sejumlah Kepala SKPD lainnya.

kmp2Pembukaan rute KMP Sumut penyeberangan Balige-Sipinggan merupakan gagasan pemerintah Kabupaten Toba Samosir.“Hal ini kami lakukan karena kami menyadari bahwa kebutuhan masyarakat Kabupaten Toba Samosir atau Kecamatan Balige khususnya, akan sarana transportasi danau yang lebih baik, dari Kota Balige ke Pulau _MG_5911Samosir sudah sangat mendesak, sekaligus dalam rangka mendorong percepatan pembangunan perekonomian di Kabupaten Toba Samosir dan Samosir,”kata Plt Bupati Liberty Pasaribu pada acara uji coba Pelayaran Sumut rute Balige-Sipinggan,di Pelabuhan Balige,Jumat 12 Juni 2015.

Uji coba ini,kata Liberty, memiliki arti penting dan bermakna strategis, karena berfungsi untuk memudahkan dan memperlancar kegiatan penyeberangan kenderaan ,orang dan barang.Jika jasa perhubungan terganggu dan terjadi kelangkaan maka sangat besar pengaruhnya pada dinamika dan stabilitas kehidupan masyarakat.”Oleh karena itu kesinambungan dan ketersediaan pelayanan jasa perhubungan dalam memenuhi aktivitas produksi,konsumsi dan distribusi harus betul-betul mendapat perhatian secara berkelanjutan,khususnya jalur Balige-Sipinggan.

_MG_5898Selanjutnya Liberty mengatakan perlunya operasional KMP ini supaya dipercepat mengingat tingginya mobilitas kapal dari Samosir ke Balige setiap harinya.”Kalau bisa minggu ini,karena usaha mengangkut barang bahan bangunan tidak memadai dengan diangkut kapal motor penumpang,”katanya.
Kadis Perhubungan Propinsi Sumut Anthony Siahaan ,SE,ATD,MT mengatakan pihak Pemerintah Propinsi Sumatera Utara tetap mendukung keberadaan KMP Sumut ini. “Manfaat pembukaan rute KMP Sumut Balige-Sipinggan ini semoga membawa manfaat untuk memperlancar perekonomian demi meningkatkan pembangunan Kabupaten Samosir dan Kabupaten Toba Samosir,”ujar Anthony.

_MG_5897Berdasarkan data Toba Samosir dalam Angka 2014, jumlah kunjungan kapal yang bersandar di dermaga Balige berjumlah 1.731unit dengan jumlah penumpang sebanyak 21.752 orang. Jumlah ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini menandakan jalur KMP Sumutbalige-Sipinggan ini adalah jalur yang potensial.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s