SOSIALISASI DANA DESA, PLT BUPATI TOBASA: PENGGUNAAN DANA DESA AGAR LEBIH BAIK

  Dengan adanya sosialisasi dana desa , kita semua khususnya para Kepala desa akan dapat lebih paham dalam penggunaan dana desa agar lebih baik dan tepat sasaran, serta terhindar dari penyalahgunaan yang membuat saudara bersinggungan dengan hukum.

PLT.BUPATI TOBASA Liberty Pasaribu memberikan arahan pada sosialisasi dana desa, Jumat (3/7)
PLT.BUPATI TOBASA Liberty Pasaribu memberikan arahan pada sosialisasi dana desa, Jumat (3/7)

Hal ini dikatakan Plt.Bupati Tobasa Liberty Pasaribu saat menyampaikan arahan pada acara sosialisasi dana desa  di Kabupaten Toba Samosir, Jumat (3/7).

Sebelumnya Plt.Bupati Tobasa juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Keuangan RI atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini.”Bagi kami kegiatan ini sangat penting guna memperjelas ketentuan peraturan perundang-undangan tentang dana desa dan mekanisme penggunaannya serta pertanggungjawabannya,” kata Liberty Pasaribu.

Disebutkan juga, bahwa dana desa tahap I sebesar Rp.24.246.864.000,- belum disalurkan kepada pemerintah desa disebabkan beberapa alasan sebagai berikut: 1.)Sampai dengan hari ini, Pemerintah Desa belum menyusun dan menyampaikan APBDesa Tahun 2015 yang merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.2) Mengingat bahwa pengetahuan

Mirza Effendi Kakanwil Perbendaharaan Sumut (tiga dari kiri)
Mirza Effendi Kakanwil Perbendaharaan Sumut (tiga dari kiri)

dan kemampuan pemerintah maupun lembaga-lembaga desa selaku pihak terkait pengelolaan dana desa, masih belum memadai sehingga diperlukan adanya pembinaan teknis yang dijadwalkan pada bulan Juli ini.3)Alokasi dana desa Kabupaten Tobasa belum memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada pasal 72 ayat (4) UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa sehingga ketersediaan fasilitas kantor desa dan operasional pemerintah masih sangat minim .”Keadaan ini menjadi menyulitkan aparat dan lembag-lembaga desa dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembangunan desa,” kata Plt. Bupati Tobasa.

Sosialisasi yang diikuti para Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kabupaten Tobasa . Turut hadir Sekdakab Tobasa Audi Murphy Sitorus, Kaban Pemdes Drs.Wasir

ACARA pembukaan sosialisasi dana desa di Pendopo Kantor Bupati Tobasa, Jumat (3/7)
ACARA pembukaan sosialisasi dana desa di Pendopo Kantor Bupati Tobasa, Jumat (3/7)

Simanjuntak. Sebagai Keynote speaker Mirza Effendi (Kakanwil Perbendaharan Sumut) dan paranasumber seperti Irwan Sitorus (Kemenkeu), Ida Aryani (Kemendagri), Cecilio Risyamna (DJPK Kemenkeu), Ari Gemini Parbinoto Pangaribuan (DJPK Kemenkeu) dan Cornito Ermanto(Kemenkeu).

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s