Berita Terbaru

PROYEK FISIK PNPM-MPd TAHUN 2014 DI KECAMATAN ULUAN DIRESMIKAN OLEH Plt. BUPATI TOBASA

_MG_8354Sejak berjalannya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) tahun 2008 lalu, masyarakat di Kabupaten Toba Samosir telah merasakan manfaat dari pembangunan fisik dan program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat di pedesaan.

“Meski program tersebut telah berakhir, namun masyarakat berharap program yang sama tetap berlanjut” demikian penuturan tokoh masyarakat Desa Siregar Aek Nalas, Abidin Siregar pada acara persmian proyek fisik PNPM-MPd Tahun 2014 dan Pelantikan Anggota BPD se-Kecamatan Uluan oleh Plt. Bupati Tobasa Liberty Pasaribu, SH., M.Si di Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (22/7).

_MG_8349Menanggapi hal tersebut, Plt. Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH., M.Si dalam arahanya menegaskan bahwa, meski program PNPM telah berakhir, namun perhatian pemerintah Pusat dan Daerah untuk pembangunan desa justru semakin bertambah.

“Memang PNPM sudah berakhir secara Nasional, namun masih banyak program lainnya yang langsung bersentuhan dengan desa, seperti adanya Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Kabupaten, ada Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat, dan masih dana lain yang pendanaannya berasal dari pusat. Dan itu langsung diturunkan ke desa, pengelolanya adalah aparat desa itu sendiri bersama masyarakat,” tegas Liberty.

Sekaitan dengan pengelolaannya, Liberty mengajak masayarakat dan aparat desa untuk tetap mempertahankan pola yang telah dilaksanakan pada program PNPM selama ini, karena pola tersebut terbukti berhasil dan menyentuh langsung kepada masyarakat.

_MG_8342Selanjutnya Liberty juga menghimbau kepada seluruh aparat desa untuk lebih berhati-hati dalam pengelolaan anggaran yang mencapai ratusan juta rupiah setiap desa. “Dalam mengambil sebuah keputusan, tetap melalui musyawarah dengan melibatkan seluruh aparat desa dan masyarakat,” himbau Liberty.

Khusus kepada anggota BPD yang baru dilantik Plt. Bupati Tobasa mengharapkan agar secara tulus melakukan tugas sebagai mitra kerja Kepala Desa dan aparatnya dalam pelaksanaan pembangunan di Desa. Sehingga memberikan manfaat bagi seluruh warga yang telah memberikan kepercayaan kepada Anggota BPD yang baru dilantik dalam menjalankan tugasnya.

Untuk menunjang program pembangunan desa, Plt. Bupati juga memotivasi Kepala Desa untuk menggali dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada, sehingga tidak selalu bergantung kepada pemerintah tetapi pedomani program desa membangun dengan melibatkan masyarakat, contohnya perantau, pengusaha dan sektor lainnya, pungkas Plt. Bupati.

Camat Uluan Robert Manurung, SH,menambahkan bahwa selain 8 proyek fisik PNPM-MPd Tahun 2014, di Kecamatan Uluan, dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) juga masih tetap berlangsung, yakni bulan Maret hingga Mei 2015. Dan PNPM akan menyerahkan dana kepada 10 kelompok SPP sebesar  Rp. 621.000.000,- Dana tersebut masih dapat digunakan akan terus secara bergulir  meskipun PNPM telah berakhir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s