PEMKAB TOBASA HENTIKAN GALIAN BATU PEATALUN

Salah satu sisi bukit yang sudah rawan longsor akibat pengambilan batu tanpa ijin di dusun Peatalun,Balige, Kab.Tobasa.
Penghentian alat berat excavator pengeruk pasir tanpa ijin di Desa Hutagaol Peatalun ,Balige,Kab.Tobasa.
Penghentian alat berat excavator pengeruk pasir tanpa ijin di Desa Hutagaol Peatalun ,Balige,Kab.Tobasa.

Sesuai hasil Dengar Pendapat Umum DPRD Kabupaten Toba Samosir dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Kepala Desa Hutagol, Kepala Desa Paindoan, Perwakilan

Ketua Tim Penertiban Galian C Pemkab Tobasa Eston Sihotang  membacakan surat penghentian di lokasi di dusun Peatalun Desa Hutagaol ,Kec. Balige,Kab.Tobasa, Kamis (30/7).
Ketua Tim Penertiban Galian C Pemkab Tobasa Eston Sihotang membacakan surat penghentian di lokasi di dusun Peatalun Desa Hutagaol ,Kec. Balige,Kab.Tobasa, Kamis (30/7).

Masyarakat Desa Hutagaol dan Masyarakat Desa Paindoan Kecamatan Balige pada tanggal 03 Juli 2015, Pemkab Tobasa mengambil sikap  untuk memberhentikan Tambang Batu di Peatalun secara langsung turun ke lokasi tambang Batu pada hari Kamis 30 Juli 2015 yang di pimpin langsung Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang,SPd,didampingi oleh Camat Balige Drs Sahala Siahaan,Kepala Desa Peatalun,Ka.BLHp,Ka.BPPTM dan Kakan Pol PP.

Eston Sihotang membacakan surat penghentian tambang batu  yang berisi sebagai berikut:

  1. Penambangan batu yang terjadi di Peatalun supaya distop karena telah merusak lingkungan dan sarana prasarana yang ada seperti rusaknya jalan dan irigasi pertanian.
  2. Pemerintah Kabupaten Toba Samosir agar mengambil langkah-langkah untuk menertibkan serta menentukan lokasi mana yang dapat dijadikan lokasi penambangan yang disesuaikan AMDAL.
  3. Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pekerjaan Umum agar memperbaiki saluran yang tertutup begitu juga dengan sarana dan prasarana jalan yang rusak menjadi perhatian khusus.

Sesuai dengan poin 1 (satu) diatas, maka  disampaikan peringatan terakhir kepada masyarakat Desa Hutagaol Peatalun Kecamatan Balige yang bertindak sebagai penambang batu tanpa izin untuk menghentikan kegiatan penambangan batu dimaksud. Jika peringatan ini tidak diindahkan atau masih melakukan penambangan batu tanpa izin, maka Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan mengambil tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pantauan di lapangan,  salah seorang penambang batu Sahat Panjaitan  terlihat sedang melakukan aktivitas penambangan.  Kepadanya, langsung diberi teguran penghentian kegiatannya.

Seusai dari lokasi, tim juga menghentikan  kegiatan penambangan pasir di desa tersebut.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s