KHIDMAT, UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI DI TOBA SAMOSIR

_MG_9908Bunyi sirene selama satu menit dan rentetan tembakan ke udara oleh prajurit TNI, menandai dimulainya pelaksanaan Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi di Lapangan Sisingamangaraja di Balige, Senin (17/8/2015). Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Plh. Bupati Toba Samosir Drs. Audi Murphy Sitorus.

Upacara diawali dengan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Ketua DPRD Toba Samosir Boyke Pasaribu. Sementara itu, tidak lupa untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para pendahulu bangsa dalam merebut kemerdekaan, Inspektur Upacara Audi Murphy Sitorus mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta.

_MG_9885Kemudian 29 orang pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang terpilih dari siswa/i SMA/SMK di Kabupaten Toba Samosir melaksanakan pengibarkan Sang Merah Putih. Tampak Paskriba berbaris dengan rapi dan seirama menuju tengah lapangan. Selanjutnya Winda Situmorang, Siswa SMA 1 Balige, menuju podium untuk menerima bendera Merah Putih dari Inspektur Upacara. Setelah bendera Merah Putih diterima, pasukan pengibar bendera pun menuju ke tiang bendera. Tak berapa lama, bendera Merah Putih berhasil dibentangkan, dan Lagu Indonesia Raya pun langsung dikumandangkan.‎

_MG_9896Selama proses pengibaran bendera, terlihat para peserta upacara, mengikuti proses pengibaran bendera ini dengan tertib. Peserta upacara yang mengikuti upacara ini terdiri dari siswa/i TK/PAUD, SD, SLTP, SMA/SMK, Mahasiswa, TNI/Polri dan OKP/Ormas.

Secara keseluruhan pelaksanaan upacara berlangsung dengan baik. Tampak hadir pada upacara ini Kapolres Tobasa, Kajari Balige, Wakil Ketua PN Balige dan Para Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Tobasa.

PAWAI KARNAVAL

_MG_9933Untuk menyemarakkan perayaan, setelah Upacara, dilanjutkan dengan pawai karnaval dengan mengambil rute dari Lapangan Sisingamangaraja, menuju jalan Patuan Nagari kemudian memasuki kawasan Terminal Mini, hingga ke Jl. Raja Paindoan, Jl. Gereja, Jl. Sisingamangaraja, Jl. DI Panjaitan, Jl. Mulia Raja dan berakhir kembali di Lapangan Sisingamangaraja Balige. Tampak dibarisan terdepan adalah pembawa bendera Merah Putih dan diikuti barisan paskriba.

_MG_9936Berbagai kemeriahan dan atraksi diperlihatkan peserta selama karnaval berlangsung. Antusiasme warga masyarakat sangat tinggi, untuk menyaksikan jalannya karnaval. Kemeriahan semakin terasa, ketika barisan pawai menampilkan berbagai pakaian adat nusantara, juga tampak berbagai kendaraan hias para siswa/i yang dengan teratur melintas di tribun kehormatan. Berbagai hasil bumi dan identitas kebhinekaan suku, agama dan profesi juga diperlihatkan para peserta pawai.

Bergantian barisan pelajar SD/SMP/SMA/SMK, PNS/TNI/POLRI, dan Ormas diterima Plh. Bupati Audi Murphy Sitorus di tribun kehormatan. Atraksi marching band, atraksi kungfu dan pertunjukan para anak-anak PAUD/ TK menjadi salah satu bagian yang sangat menarik selama karnaval berlangsung.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s