Plh.BUPATI TOBASA BUKA SOSIALISASI SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI DAN CIRI CIRI KEASLIAN UANG RUPIAH

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga melaksanakan sosialisasi sistem pembayaran non tunai dan ciri-ciri uang rupiah di Convention Hall TB Silalahi center Pagar batu-balige, Jumat (21/8/2015). Acara ini digelar dalam rangka menjaga kestabilan sistem keuangan dan mendukung kebijakan moneter serta memberikan pemahaman tentang uang tidak layak edar di Kabupaten Toba Samosir. acara sosialisasi dibuka secara langsung oleh Plh. Bupati Toba Samosir Drs. Audi Murphy O. Sitorus SH, M.Si didampingi Asisten Pemerintahan Robert Gono Hutajulu, S.Sos, Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang,S.Pd, Kakan PolPP Elisber Tambunan. Dalam arahannya Plh. Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia karena telah memilih Kabupaten Toba samosir sebagai wadah penyelenggaraan sosialisasi dan mendukung kegiataan yang dilaksanakan sehingga bisa memperluas wawasan akan materi yang akan dipaparkan dalam sosialisasi tentang sistem perbankan dan sistem perekonomian yang ada di negara Republik Indonesia,” kata Audi Murphy O. Sitorus.

Lebih lanjut, Plh.Bupati mengatakan semoga dengan terlaksananya sosialiasi ini pemerintah kabupaten Toba samosir mengetahui dan lebih mampu memahami bagaimana situasi peningkatan maupun penurunan nilai rupiah yang akhir -akhir ini semakin terpuruk”ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala perwakilan bank Indonesia Sibolga Lister Sitanggang dalam laporannya mengatakan , Bank Indonesia terus melakukan upaya dari sisi moneter dan stabilitas sistem keuangan dalam menjaga kestabilan ekonomi domestik dan kondisi ekonomi global.tingginya aktifitas ekonomi domestik berujung pada peningkatan output ekonomi, Bank Indonesia yang mengemban tugas dalam menyelenggarakan sistem pembayaran harus mengacu pada empat prinsip kebijakan yaitu keamanan, efisisensi, kesetaraan akses dan perlindungan konsumen. apabila ditemukan uang dalam proses pembayaran diragukan keasliannya agar melaporkan dan menyerahkan uang yang diragukan keasliannya ke bank Indonesia dan tidak merusak fisik uang serta tidak diedarkan kembali.

Diakhir acara Plh Bupati Tobasa mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara sosialisasi khususnya kantor perwakilan Bank Indonesia Sibolga dan akan selalu mendukung kegiatan kegiatan lain bila dilaksanakan di kabupaten toba samosir dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan wibawa aparatur pemerintah. ”semoga sukses dalam pelaksananan sosialisasi, ” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s