PLH. BUPATI TOBASA HADIRI TEMU KADER NASIONAL PELKESI

Kader Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi) dapat menyampaikan usulan terkait pembangunan bidang kesehatan masyarakat di desa pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa.

          Hal ini disampaikan Plh Bupati Toba Samosir Drs.Audi Murphy O.Sitorus, SH,Msi saat memberikan paparan di hadapan sekitar 80 peserta Temu Kader Nasional Pelkesi di Wisma Agape, Tomok, Kabupaten Samosir (16/9).

          Materi yang disampaikan Plh.Bupati Audi Murphy O.Sitorus berjudul “ Integrasi Pembangunan Pedesaan Dengan Pembangunan Wilayah/Daerah Kabupaten Dalam Konteks Undang-Undang Desa” mengaitkan program Pemerintah Daerah termasuk Desa dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di desa.

          “ Dalam hal Pelkesi ini  ingin memasukkan  hal pembangunan kesehatan desa silahkan masukkan dalam rencana pembangunan desa Jangan masukkan di tengah .Kalau dimasukkan sekarang tentu tidak akan diterima karena hal tersebut harus dimasukkan sebelum rencana pembanguan di buat di desa,” kata Plh.Bupati Tobasa.

          Plh Bupati Tobasa juga mengapresiasi kehadiran Pelkesi. “ Ini adalah salah satu momen yang berharga, dapat kami ketahui apa-apa yang telah dilakukan Pelkesi,” katanya. Di Kabupaten Tobasa, kader Pelkesi berjumlah 40 orang. Disarnkan juga supaya bekerja sama dengan tim PKK desa terutama Pokja 4.

          Pembicara lainnnya adalah Dra.Lusi Desryanti dari BKKBN Provinsi Sumatera Utara dan sebagai moderator Dr.Jansen Peranginangin.

          Seusai memberikan paparan, Plh Bupati Tobasa menerima plakat sebagai kenang-kenangan dari Pelkesi yang disampaikan oleh BPH/Bendahara Pelkesi Goldfrid Sinaga.

          Pelkesi sendiri sudah berumur 32 tahun sejak didirikan di Balige, Toba Samosir.Selama itu pula Pelkesi telah memberdayakan kader kesehatan  menuju kemandirian pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat. Terdapat paling sedikit 60  kelompok kader kesehatan dan 30 kelompok kader kesehatan jemaat yang masih aktif menjalankan kegiatan hingga saat ini. Sejak tahun 2009 Pelkesi bersama mitranya Global Fund membentuk 19 kelompok kader malaria dan setidaknya 250-an kader TB .

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s