Berita Terbaru

UNTUK MENSUKSESKAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2015 KEMENDAGRI GELAR PENDIDIKAN POLITIK PEMILIH DI TOBA SAMOSIR

_MG_3496Untuk meningkatkan kualitas demokrasi khususnya terkait Pilkada Serentak 2015, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum melakukan pendidikan politik melalui Training Of Trainer (TOT) dan Forum Pendidikan Politik Pemilih di 5 (lima) daerah terpilih di Provinsi Sumatera Utara yaitu, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Siantar dan Simalungun yang dipusatkan di Kabupaten Toba Samosir.

_MG_3489Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini dengan Tema : “Penguatan Peran dan Partisipasi Masyarakat di Daerah melalui Pendidikan Politik Pemilih Dalam Rangka Mensukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015,” adalah Jan Pieter Pangaribuan (Direktur Politik Dalam Negeri), Eddy Syofian (Kaban Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara), Roberd Saragih (Rektor IT Del), Emrus Sihombing (Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan Jakarta), Syafrida R. Rasahan (Ketua Bawaslu Provsu) dan DR. Akbar Ali dari Kemendagri.

_MG_3492Penyelenggaraan kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Politik Dalam Negeri Drs. Jan Pieter Pangaribuan, MPA dengan melibatkan pihak Pemerintah Daerah, penyelenggara Pemilu, Akademisi dan tokoh masyarakat, dilaksanakan selama dua hari, tanggal 8 Oktober Training Of Trainer (TOT), tanggal 9 Oktober Forum Pendidikan Politik Pemilih di Hotel Sere Nauli Laguboti.

Pada Pembukaan TOT di hari pertama Direktur Politik Dalam Negeri berharap melalui pendidikan politik bagi pemilih dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam rangka memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

DSCN5522Dan bagi peserta training of trainer (TOT) yang melibatkan, Kabid Politik Badan Kesbangpol Kabupaten/Kota, Kabag Humas Kabupaten/Kota, Komisioner KPU, Panwaslu, Unsur Akademisi, Guru PPKN tingkat SLTA/Sederajat, Jan Pieter meminta agar para peserta dapat menularkan pendidikan politik ini kepada masyarakat.

Sebelumnya Plh. Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan Robert Gono menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada pihak Kementerian Dalam Negeri yang telah mempercayakan Toba Samosir sebagai tuan rumah kegiatan TOT dan Forum Pendidikan Politik Pemilih, ini juga merupakan wujud kepedulian putra Tobasa yang ada di perantauan memajukan Tobasa yang kita cintai ini. Selanjutnya kami juga siap untuk menerima kegiatan lainya yang mendukung pembangunan karakter dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Toba Samosir, ujarnya.

DSCN5524Direktur Politik Dalam Negeri Jan Pieter Pangaribuan pada saat membuka kegiatan Forum Pendidikan Politik Pemilih yang diikuti para tokoh masyarakat, ormas, insan pers, serta siswa/i SLTA sebagi pemilih pemula, pada hari Jumat, 9 Oktober 2015, menegaskan, bahwa seluruh masyarakat termasuk pemilih pemula haruslah ikut berperan aktif mensukseskan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak Tahun 2015, dengan menggunakan hak pilihnya.

“Untuk menyampaikan hak politik kita, waktunya cukup singkat, karenanya gunakanlah hak pilih secara cerdas, pilih pemimpin yang benar-benar mau membangun, karena suara kita sekarang menentukan nasib daerah kita lima tahun kedepan,” ajak Jan Pieter.

Hal senada disampaikan oleh Kaban Kesbangpollinmas Provsu Eddy Sofyan dan Rektor IT Del Laguboti Prof. Roberd Saragih ketika menyampaikan presentasi dihadapan peserta, bahwa suara janganlah diperjual belikan, jadilah pemilih cerdas, cegah konflik dan tetap pelihara kearifan lokal untuk menciptakan pilkada yang jujur, adil dan damai.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s