“PS. PABONA” JAKARTA LAKUKAN AKSI SOSIAL

_MG_3581Keluarga besar Paduan Suara “PABONA” Jakarta lakukan hari pulang kampung (Home Coming Day) ke Balige sebagai Bonapasogit (kampung halaman) dari tanggal 14-19 Oktober 2015.

Mereka yang tergabung dalam PS. PABONA Jakarta adalah para anak rantau Pardede Onan, Kecamatan Balige – Toba Samosir yang rindu akan keindahan Danau Toba dan ingin melihat perkembangan pembangunan di Bonapasogit.

Selanjutnya rombongan melakukan ramah tamah di Aula Hotel Nabasa Balige, Kamis (15/10) bersama perwakilan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang dihadiri Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang, Camat Balige Sahala Siahaan, Kadis Pertanian Tua Pangaribuan dan Kelompok Tani yang ada di Kelurahan Pardede Onan Balige.

_MG_3576Dalam sambutanya Eston Sihotang mengucapkan terimakasih kepada para anak rantau yang juga keturunan marga Pardede, karena kehadiran rombongan di Bonapasogit membawa kebahagiaan masyarakat Toba Samosir umumnya dan khususnya masyarakat Balige yang mana kami ketahui dan lihat sendiri PS. PABONA membuat rencana memberikan bantuan kepada sekolah dan masyarkat, ujar Eston.

Senada disampaikan oleh Camat Balige Sahala Siahaan bahwa sebagai Camat di Bonapasogit sangat mengapresiasi kehadiran Keluarga Besar  PS. PABONA yang juga merupakan pomparan marga Pardede.

 “Peran serta Keluarga Besar Pardede di Bona Pasogit sangatlah besar, ini telah berlangsung sejak jaman Ompung kita yang mana bisa kita lihat dari berbagai fasilitas Pemerintah yang kita gunakan berada di atas tanah yang diberikan Keluarga Besar Pardede. Untuk itu harapan kami untuk masa yang akan datang, agar marga Pardede menjadi pelopor untuk para anak rantau membentuk Kelompok yang dapat membantu percepatan pembangunan Bonapasogit ini,” pinta Sahala.

 Dalam “Home Coming Day” PS. PABONA dengan ketua rombongan Jekson Pardede menjadwalkan beberapa aksi sosial dalam kunjungan  di Bonapasogit.

Salah satu aksi sosial yang dilakukan PS. PABONA adalah memberikan bantuan peralatan sekolah berupa alat tulis, buku dan alat-alat olahraga ke Sekolah Dasar Swasta No. 1 HKBP Balige dan Sekolah Dasar Swasta No. 2 HKBP Balige yang didampingi langsung oleh Asisten Administrasi Umum Eston Sihotang.

Selanjutnya bantuan akan diberikan kepada masyarakat (kelompok tani) berupa bibit tanaman seperti sawi, kangkung, cabai serta bibit ternak sesuai kebutuhan masyarakat berupa, itik, ayam dan babi, ujar Jekson Pardede.

 Selepas acara ini kami juga akan melakukan wisata di seputaran Toba Samosir dan Pulau Samosir untuk menikmati keindahan alam Danau Toba serta direncanakan akan diakhiri dengan mengikuti kebaktian Minggu, 18 Oktober 2015 di Gereja HKBP Balige.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s