DISBUDPAR TOBASA GELAR ACARA GERAKAN CINTA MUSEUM DAN BENDA KEPURBAKALAAN

_MG_3825Untuk memperkuat apresiasi siswa/i sekolah terhadap nilai sejarah dan budaya bangsa, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Pemkab Tobasa) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melaksanakan kegiatan Gerakan Cinta Museum dan Benda Kepurbakalaan (GCM dan Benda Kepurbakalaan), Selasa (20/10) bertempat di Convention Hall TB. Silalahi Center, Tobasa.

Museum dapat didefenisikan sebagai sebuah institusi yang bersifat non-profit dalam pelayanannya terhadap masyarakat yang terbuka untuk umum, yang memperoleh melestarikan, meneliti, mengkomunikasikan dan memamerkan warisan budaya manusia dan lingkunganya baik yang berwujud maupun tidak berwujud untuk tujuan pendidikan, study dan kesenangan.

_MG_3837Melalui Gerakan Cinta Museum dan Benda Kepurbakalaan diharapkan dapat memberi pemahaman kepada peserta tentang perjalanan peradaban satu negeri sekaligus mengukur kualitas negeri tersebut, kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ultri S. Simangunsong pada pembukaan GCM dan Benda Kepurbakalaan.

Selanjutnya kita juga dapat belajar semakin dekat terhadap budaya dan peradaban satu negeri melalui benda kepurbakalaan yang tersimpan di Museum, sehingga museum dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukatif dan pelestarian budaya sekaligus wisata, sebut Ultri.

_MG_3824Sebagai referensi untuk memperkuat pemahaman tentang Museum dan Benda Kepurbakalaan kepada peserta yang terdiri dari siswa/i SMA/SMK, panitia menghadirkan beberapa narasumber seperti, Dra. Misnah Shalihat dari Dinas Budpar Provinsi Sumatera Utara, Duma Yanti Silalahi dari TB. Silalahi Center dan Martina Silaban dari Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

(relis bagian humas dan protokol setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s