Pj. BUPATI TOBASA TINJAU PELAKSANAAN PROYEK FISIK BIDANG PERTANIAN

Dalam upaya wujudkan Swasembada Pangan Nasional 2017, Pj. Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hasiholan Silaen, SH, Kamis (05/11/15), tinjau proses pengerjaan proyek infrastruktur di bidang pertanian yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Tobasa. Diawali dengan peninjauan pengerjaan Dam Parit di Desa Narumonda I Kecamatan Siantar Narumonda, kemudian dilanjutkan peninjauan Dam Parit Desa Simpang Sigura-gura Porsea dan diakhiri di Desa Sinta Damai Kecamatan Silaen berupa Saluran Irigasi.

Pj. Bupati  Tobasa yang dalam kesempatan ini didampingi oleh Kadis Pertanian Ir. Tua Pangaribuan, Kadis PU Ir. Jhon Piter Silalahi dan Camat Silaen Rajiun Tampubolon, merasa cukup puas dengan progres pengerjaan proyek sampai sejauh ini. Namun Bupati berpesan agar pekerjaan tetap dilaksanakan dengan baik sampai selesai dan jika memungkinkan dapat dipercepat, mengingat akhir tahun adalah musim penghujan.

“Kerjakan sebaik mungkin agar proyek nantinya dapat berfungsi secara maksimal untuk pengairan sawah yang ada sepanjang saluran irigasi. Karena harapan kita proyek ini dapat memberi manfaat nyata dan langsung bagi para petani kita,” tegas Pj. Bupati kepada pelaksana proyek.

Kadis Pertanian Tua Pangaribuan menjelaskan Dam Parit sebenarnya adalah teknologi sederhana namun cukup efektif. Teknologi ini merupakan suatu cara mengumpulkan ataupun membendung aliran air pada suatu parit, dengan tujuan untuk menampung volume aliran permukaan, sehingga selain akan menambah pasokan air untuk mengairi lahan persawahan di sekitarnya juga dapat menurunkan erosi dan sedimentasi.

“Keunggulan Dam Parit  adalah dapat menampung air dalam volume besar, dan tidak mengganggu areal produktif dalam pengerjaannya,” terang Tua Pangaribuan. Lebih lanjut dijelaskannya Dam Parit juga nantinya akan dapat mengurangi potensi banjir dan tanah longsor serta erosi.

Tua Pangaribuan juga menambahkan nantinya Dam Parit di Simpang Sigura-gura diharapkan akan mampu  memberi suplai air untuk areal pertanian seluas 300 hektar. Sementara di Desa Narumonda I dapat mengairi sekitar 80 ha lahan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s