MENDUKUNG UPSUS SWASEMBADA PANGAN TOBASA PEROLEH 24 UNIT HAND TRACTOR

DSC02887Dalam rangka mendukung program Upaya Khusus (Upsus) swasembada pangan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Sumut) dari dana APBN memberikan bantuan hand tractor sebanyak 24 (dua puluh empat) unit kepada Kelompok Tani melalui Pemerintah Kabupaten Tobasa.

Bantuan hand tractor kepada Kelompok Tani secara simbolis diserahkan oleh Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH di UPTD Landbow, Senin (16/11) didampingi oleh Kadis Pertanian Ir. Tua Pangaribuan, Dandim 0210/TU yang diwakili oleh Danramil Laguboti dan Camat Laguboti Pintor Pangaribuan.

DSC02882Dalam sambutanya Pj. Bupati mengajak para pengurus kelompok tani untuk memanfaatkan bantuan ini dengan baik untuk meningkatkan produktifitas hasil panen para petani, sehingga upsus swasembada pangan dapat berhasil.

“Kekuatan kita adalah kekompakan dan kebersamaan, untuk itu kepada kelompok tani agar memanfaatkan bantuan secara bersama, bergilir yang diatur sebaik mungkin untuk pengolahan lahan secara maksimal,” ujarnya.

DSC02874Selanjutnya Pj. Bupati menghimbau agar bantuan ini jangan disalah gunakan oleh beberapa pihak atau para pengurus kelompok saja, tetapi lakukan rembug dan musyawarah dalam pemakaian, penyimpanan serta biaya operasional, agar bantuan lebih terawat dan dapat digunakan lebih lama, himbaunya.

Diawal acara Kadis Pertanian Ir. Tua Pangaribuan dalam laporanya menyatakan bahwa bantuan ini dialokasikan ke Toba Samosir karena kita memiliki lahan sawah yang cukup besar untuk mendukung Upsus Swasembada Pangan dengan potensi sawah kita seluas 22.685 Ha, Produksi 134.000 Ton/Tahun, namun yang memiliki Indeks Pertanaman 200 % atau 2 kali tanam baru mencapai 6.000 Ha.

Secara sederhana jika kita dapat meningkatkan produktifitas produksi padi dengan 2 kali tanam pertahun maka bantuan dan perhatian pemerintah Propinsi maupun Pusat akan semakin besar ke Tobasa, sebutnya.

Pemberian bantuan saat ini juga merupakan bentuk sikap dan kehadiran pemerintahan menjawab kelangkaan dan keterbatasan tenaga kerja di bidang Pertanian dengan mekanisme alat mesin pertanian dengan mekanisme alat mesin pertanian (alsintan), tutupnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s