KPU TOBASA GELAR OPERA BATAK SOSIALISASI ANTI GOLPUT & MONEY POLITIK

Opera 01Dalam rangka untuk menciptakan pilkada yang bersih, Anti Golput (Golongan Putih) dan menolak segala bentuk Money Politic (Politik Uang)  pada Pilkada Serentak Tahun 2015, maka KPU Kabupaten Toba Samosir bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melakukan sosialisasi melalui Pagelaran Opera Batak dengan tema “ANTI GOLPUT dan MONEY POLITIC” di lapangan sisingamangaraja XII, Jumat (19/11).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Rinto. P. Hutapea, Sekdakab Audy Murphy Sitorus, Kapolres Toba Samosir AKBP Jidin Siagian, SH, MH, ketua DPRD yang diwakilkan oleh Ramli Aruan, serta ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir.

Opera 02Dalam sambutannya Pj. Bupati Toba Samosir yang diwakili oleh Sekdakab Audi Murphy Sitorus menyampaikan, sebelum kita memilih salah satu calon agar terlebih dahulu mengamati bagaimana visi dan misi mereka lima tahun kedepan dan bagaimana pasangan calon dapat membawa kabupaten ini lebih baik lima tahun kedepan.

“Kita berharap agar kabupaten Toba Samosir  lima tahun kedepan lebih baik dan sebagai masyarakat toba samosir kita dapat hidup lebih sejahtera dari yang ada sekarang,” ujar Audi Murphy.

DSC03099Hal senada disampaikan oleh Ketua KPU Toba Samosir Rinto. P. Hutapea menyampaikan bahwa keterlibatan rakyat secara langsung dalam pilkada, berimbas dan berdampak langsung yang melekat pada pelaksanaannya. Di satu sisi keterlibatan rakyat tersebut merupakan satu hal yang positif yang menandakan  mulai terbangunnya pilar demokrasi.

Selain itu tahun 2015 merupakan tahun yang sangat krusial bagi masyarakat Toba Samosir karena pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun ini diharapkan mampu menghasilkan pemimpin baru yang berkualitas.

Oleh karenanya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati harus dilaksanakan secara berkualitas sehingga tidak hanya berhasil secara tataran teknis, namun juga mampu menghasilkan pemimpin baru yang berkualitas, sebut Rinto.

“Untuk itu marilah kita gunakan hak pilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 secara cerdas, jujur, adil dan menolak politik uang karena kesakralan suara (hak pilih rakyat) adalah penentu laju demokrasi kedepan,” pesan Ketua KPU Tobasa.

Ramli Aruan mewakili Ketua DPRD Tobasa berharap untuk para pasangan calon untuk tidak memberi janji kosong kepada masyarakat dan tidak menggunakan money politik, sehingga pasangan manapun yang menang nanti diharapkan dapat membangun Tobasa dengan lebih baik lagi.

Sementara Kapolres Toba Samosir AKBP Jidin Siagian kembali mengingatkan masyarakat untuk menghindari politik uang, karena hal tersebut merupakan tindakan pidana dan menghimbau agar melaporkan dengan segera ke pihak berwajib apabila menemukan atau mengetahui adanya money politic.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s