Berita Terbaru

Rp.997.808.607.417,- R-APBD TOBASA DISEPAKATI EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF

IMG_9328Dalam rangka jalannya roda Pemerintahan khususnya di Kabupaten Toba Samosir,pihak Eksekutif  dan Legislatif Kabupaten Tobasa melaksanakan  rapat paripurna dewan tentang pengesahan dan penandatanganan Rancangan Peraturan Daerah APBD T.A 2016 Kab. Tobasa sebesar Rp. 997.808.607.417.- yang dihadiri Penjabat Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH. Ketua DPRD Tobasa Ir. Boyke Pasaribu dan Wakil DPRD beserta 2/3 Anggota DPRD  Tobasa. FKPD Tobasa.Kepala SKPD Tobasa dan Para insan Pers bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tobasa pada hari Kamis,(18/12).

IMG_9321Rangkaian rapat paripurna dewan yang terhormat ini dapat terlaksana dengan baik sejak penyampaian pengantar nota keuangan Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2016 di mulai 8 – 12 – 2015, yang dilanjutkan dengan pembahasan di komisi – komisi dan badan anggaran, kemudian penyampaian laporan hasil pembahasan badan anggaran ,pemandangan umum atau tanggapan perorangan anggota dewan yang terhormat atas rancangan Perda Tentang APBD 2016 pada tanggal 16 – 12 – 2015, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian nota jawaban Bupati atas laporan hasil pembahasan badan anggaran dan pemandangan umum atau tanggapan perorangan anggota dewan tanggal 17 – 12 – 2015 dan pada rapat paripurna penyampaian pendapat akhir Fraksi terhadap Ranperda tentang APBD 2016 yang dilanjutkan pengesahan dan penandatanganan Ranperda APBD 2016 pada hari Kamis,(18/12 ).

IMG_9190Adapun pointers pendapat akhir seluruh fraksi yakni : “ MENERIMA RANPERDA tentang ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DAERAH ( R.APBD ) TAHUN ANGGARAN 2016” untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Kemudian tambahan pendapat akhir fraksi partai Demokrat yaitu peruntukan APBD tahun depan agar seimbang untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung, penambangan galian C, pelaksanaan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan lebih di tingkatkan, pemasangan dan pemeliharaan lampu jalan kemudian pengelolaan TPA sampah agar tidak mengganggu kesehatan masyarakat.Pendapat akhir fraksi partai Gerindra yaitu hampir sama dengan fraksi partai Demokrat ditambah agar pelaksanaan APBD 2016 betul – betul di awasi dengan ketat sehingga menghasilkan pekerjaan berkualitas.Pendapat akhir fraksi partai Keadilan Dan Persatuan Indonesia yaitu hampir sama dengan diatas ditambah masalah “ Disiplin kehadiran anggota dewan agar lebih sering hadir dalam pelaksanaan rapat – rapat DPRD”. Pendapat akhir fraksi Perjuangan Kebangkitan yaitu mengenai penggajian Honorarium tenaga honor perlu ditingkatkan.Penggunaan Dana Desa supaya sesuai prosedur untuk mensukseskan “Program Indonesia Hebat”. Perlu meningkatkan PAD dengan inovasi baru. Pendapat akhir fraksi  Nasdem yaitu pengendalian operasi alat-alat berat milik Dinas PU diutamakan untuk membuka akses jalan baru terutama di Kecamatan Pintu Pohan Meranti.Dan pendapat akhir fraksi Partai Golkar yaitu hampir sama dengan diatas selain pendapatnya mengenai Pariwisata di Tobasa lebih ditingkatkan sehingga mendatangkan wisatawan domestic dan mancanegara.

IMG_9335Di akhir rapat paripurna APBD tersebut Pj Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, SH menyampaikan sambutan bahwa  pihak eksekutif telah mendengar dan memperhatikan  pendapat atau saran dewan yang terhormat akan menjadi prioritas dalam penyusunan program yang akan datang dan berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan keputusan politik yang kita buat hari ini sebagai wujud pengabdian dan keberpihakan kita kepada kepentingan masyarakat Tobasa.

 Dan diakhir sambutan Pj Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang terhormat telah memberi perhatian dan dukungan selama berlangsungnya rapat paripurna APBD 2016 tersebut.

( relis bagian humas dan protokol setdakab tobasa )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s