Pj. BUPATI PIMPIN APEL GELAR PASUKAN Ops. LILIN TOBA-2015

_MG_9760Kepolisian Resort Toba Samosir laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2015 yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Toba Samosir (Tobasa) Hasiholan Silaen, SH sebagai Inspektur Upacara di Mapolres Toba Samosir, Siantar Narumonda, Rabu (23/12).

Apel diawali dengan pemeriksaan pasukan didampingi Komandan Upacara, dilanjutkan dengan penyematan pita tanda operasi secara simbolis kepada perwakilan antar instansi terkait, seperti personil POLRI, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP oleh Pj. Bupati Tobasa.

_MG_9762Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Pj. Bupati mengingatkan seluruh anggota POLRI untuk peka terhadap situasi di dalam dan luar negeri. Selanjutnya Kapolri memberikan sejumlah perintah khusus pada pelaksanaan apel gelar pasukan Ops. Lilin Tahun ini antara lain, agar mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan Babinkamtibmas untuk tahu dinamika dan fenomena di masyarakat. Jadi tiap masalah apapun dapat diantisipasi.

Untuk menempatkan personel sekaligus memperhatikan ancaman teroris pada petugas di pos pengaman. Petugas di pos berfungsi sebagai pelayanan bila terjadi aksi kriminalitas, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas agar cepat bertindak. Serta Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan mengantisipasi aksi teror yang memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru dan awasi titik rawan yang potensi jadi target terror, sebutnya.

_MG_9773Kapolri juga menegaskan untuk selalu menjalin harmonisasi dengan instansi terkait bersatu padu agar kondusif.

Kapolres Tobasa AKBP Jidin Siagian menyebutkan apel tersebut, diselenggarakan secara serentak oleh jajaran Polda di seluruh Indonesia. Sebagaimana Tema Ops. Lilin Tahun 2015 di Toba Samosir, Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin Toba-2015,” kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dan masyarakat dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 di Kabupaten Toba Samosir.

Hal ini sebagai tahapan manajerial yang penting dalam rangka pengecekan terhadap kesiapan akhir pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, materiil, sarana prasarana serta perlengkapan pendukung lainya, termasuk pelibatan seluruh stakeholders untuk menciptakan rasa aman, nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Natal dan Tahun Baru baik saat beribadah dan bersilaturahmi, sebutnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s