RAKOR TINDAK LANJUT BADAN OTORITA PARIWISATA DANAU TOBA

Drakor2ari 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Kecamatan Ajibata yang memiliki Bandar Udara (Bandara) Sibisa adalah potensi yang dimiliki untuk dikembangkan dalam menunjang majunya  pariwisata di daerah kawasan Danau Toba.

Hal ini dikatakan Pj. Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen dalam Rapat Kordinasi (Rakor) Tindak Lanjut Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba, di IT DEL Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (9/1). Rakor ini termasuk istimewa karena dihadiri lima menteri.

rakor1Kelima menteri tersebut yakni Menpariwisata Arief Yahya, Menkopolhukam Luhut Panjaitan, Menko Maritim Rizal Ramli, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Serta, beberapa pejabat dari Sumatera Utara, seperti Plt Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi dan para Bupati Se-Kawasan Danau Toba.

Rizal Ramli, yang bertindak sebagai pimpinan Rakor menjelaskan bahwa kita semua (termasuk masyarakat sekitar Danau Toba) punya mimpi agar Danau Toba yang indah ini makin dikenal dunia. Caranya antara lain merubah pola lama dan mereformasi pemikiran lokal tentang pariwisata. Selain itu akan dibenahi fasilitas, infrastruktur dan pengelolaan pariwisata termasuk menjual history terkait Danau Toba. “Untuk itulah dibentuk Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba menjadi satu pintu dalam hal share,” katanya.

Sementara itu Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan dalam pengantarnya menyampaikan harapan yang sudah puluhan tahun diidam-idamkan.

“Saya bicara sebagai warga Batak, dari lubuk hati terdalam bahwa inisiatif dari Menko Maritim, Menpar, Menteri LHK, dan Menteri PU adalah langkah yang baik. Di sini kita berkumpul untuk membicarakan infrastruktur, pariwisata, lingkungan dan lain-lain mengenai Danau Toba. Saya sudah sampaikan ke Presiden Jokowi dan beliau senang sekali,” kata Ketua Pembina Yayasan DEL ini.

Setelah Rakor selesai, Rizal Ramli masih memberikan kuliah umum untuk SMA DEL dan mahasiswa IT DEL.

TABUR BENIH IKAN

Sebelumnya, Rizal Ramli didampingi Pj. Bupati Tobasa Hasiholan Silaen, Wakil Ketua DPRD Tobasa Toni Simanjuntak, SE, Drs. Sahala Tampubolon,  Kadis Pertanian Ir. Tua benih1Pangaribuan dan, Camat Balige Sahala Siahaan  melakukan penaburan benih ikan mas dan ikan nila  sebanyak 20 ribu ekor di pantai Lumban Gaol,T ambunan, Balige.

“Penaburan benih ikan ini dengan tujuan pengembangan Danau Toba sebagai objek wisata yang menjadi mimpi warga Sumut dan saya harap adanya gerakan masyarakat untuk sadar wisata,” kata Rizal Ramli.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s