Berita Terbaru, Sosial Kemasyarakatan

BUPATI TOBA SAMOSIR RESMIKAN PUSAT SEMINARI BUKIT GIBEON

IMG_2730Setelah beberapa tahun proses pembangunan, Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG) akhirnya diresmikan pada Sabtu, 14 Mei 2016 oleh Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian dan St. R. D.L. Sitorus. Acara diawali dengan Kebaktian bersama dengan tema “Sebab rumahKu akan disebut Rumah Doa Segala Bangsa” (Yes. 56 : 7c) dan “dari dalam rumah Hua ada kebenaran, dari situ akan keluar dan tumbuh damai sejahtera dan oleh karena kebenaran ada ketenangan dan ketentraman untuk selama-lamanya” (Yes. 32 : 17) yang dimpimpin oleh Ephorus HKBP, Pendeta WTP. Simarmata, MA.

Ribuan orang tampak memadati lokasi yang terletak di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata. Kehadiran gedung-gedung yang tampak gagah dan megah diatas lahan seluas + 20 Ha ini menjadi berkat tersendiri bagi umat Kristen Kabupaten Toba Samosir dan secara khusus pihak Seminari dan siswa-siswi seminari, sehingga amat pantas bila Kepala Sekolah Pusat Seminari Bukit Gibeon Bremen Girsang dalam sambutannya mengajak semua orang yang hadir dalam acara peresmian itu untuk mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang telah mengatur segalanya indah pada waktunya.

IMG_2825Disebutkan bahwa Pusat Seminari Bukit Gibeon sendiri memiliki banyak fasilitas antara lain Rumah Doa berbagai ukuran kapasitas ruangan, Menara Doa, Gereja, Ruang Penginapan peserta retreat untuk pria dan wanita, Ruang Makan, Aula dan Ruang Belajar, Sekretariat, Fasilitas Ibadah Padang, Ruang Terbuka/Taman, Fasilitas Api Unggun, Dapur & Halaman Parkir, Tempat Wisata berupa Kolam Renang dan Air Terjun, tersedia juga Program Latihan Kepemimpinan (Excellent Leadership Camp), dan tentunya Hamba Tuhan yang siap menjadi Pembicara, Konselor dan Pembimbing Rohani. Seminari sendiri telah memiliki 3 (tiga) angkatan yang terdiri dari 74 siswa yang telah berhasil melewati tahap seleksi dan kesemuanya diberi fasilitas beasiswa oleh pihak yayasan.

Kehadiran Pusat Seminari ini telah menjadi pemenuh kerinduan yang telah lama diimpikan oleh pihak Seminari yang dalam hal ini adalah Ny. Luceria Siagian yang menjadi Ketua Pelaksanan Harian Pusat Seminari Bukit Gibeon. Untuk itu pihaknya menyampaikan rasa terima kasihnya yang melimpah kepada semua pihak yang telah menjadi perpanjangan tangan Tuhan dalam menjawab kerinduan tersebut. Ucapan terima kasih khusus juga disampaikan dengan penuh rasa haru kepada St. Raja D.L. Sitorus yang telah mendukung penuh pembangunan PSBG dari awal hingga diresmikannya.  Pusat Seminari Bukit Gibeon diharapkan bisa menjadi saluran berkat dan wadah untuk melahirkan penginjil siap pakai yang Tahan Susah dan Sanggup Senang yang siap ditempatkan di desa terpencil dan terisolir nantinya.

Sementara St. Raja D.L. Sitorus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan Pusat Seminari ini merupakan salah satu nazarnya yang ingin ikut serta  dalam mencerdaskan bangsa yang dibuktikan dengan telah didirikannya sekolah dan gereja yang tersebar di seluruh Indonesia. “Terkait pembangunan dalam rangka mewujudkan Destinasi Danau Toba yang dicanangkan oleh pemerintah, agar kita berhati-hati terhadap investor. Karena  tanah kita bisa saja dibeli oleh beberapa investor saja, jangan sampai orang Batak menumpang di tanah leluhurnya sendiri” demikian pesannya di akhir sambutan.

Turut memberikan sambutan Op. Gugun Nadapdap yang mewakili tokoh masyarakat, Pdt. Langsung Sitorus mewakili tokoh agama, Anggota DPRD Sumatera Utara Januari Siregar, dan Kepala Desa Parsaoran Sibisa, Agus Nadapdap yang sama-sama menyambut positif keberadaan Pusat Seminari Bukit Gibeon, dan diharapkan kedepannya Bukit Gibeon bisa menjadi daerah pusat kerohanian.

Bupati Toba Samosir dalam sambutannya juga menyambut positif keberadaan Pusat Seminari Bukit Gibeon, diharapkan kedepannya dapat menjadi objek wisata rohani baru dan bisa menjadi sarana multi fungsi. Karena selain menjadi rumah, juga sekaligus tempat wisata rohani, sehingga perlu ditunjang oleh perbaikan infrastruktur. “Untuk itu mari kita dukung  program pemerintah dalam pembangunan destinasi pariwisata Danau Toba, dengan begitu bukan hanya sektor infrastruktur yang terbangun, namun sektor ekonomi juga mengalami peningkatan” katanya.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ny. D.L Sitorus Luceria br. Siagian disaksikan oleh para pejabat dan seluruh undangan yang hadir. Acara makan bersama dan ramah tamah dilakukan setelah peninjauan ke dalam Rumah Doa, yang kemudian diikuti dengan pemberian cinderamata. Turut hadir Wakil Bupati Toba Samosir, Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir, Ketua DPRD Toba Samosir, Dandim, para kepala SKPD dan para Kepala Bagian Setdakab Toba Samosir.(Humastobasa)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s