Berita Terbaru, Pariwisata

WARGA TOBASA IKUTI PELATIHAN DASAR KEPARIWISATAAN 

????????????????????????????????????
????????????????????????????????????

Kementerian Pariwisata Bidang Pengembangan Wisata lakukan Pelatihan dasar SDM kepariwisataan di Kabupaten Toba Samosir yang diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Pelatihan berlangsung selama 2 (dua) hari, Jumat-Sabtu tanggal 20-21 Mei 2016 di Tio Convention Hall, Hotel Sere Nauli,  Laguboti-Tobasa.
Narasumber  yang dihadirkan panitia antara lain,  Ibu Diana Simanjuntak dari Akpar Atrifa Bandung, Direktur Akpar Medan Faisal dan Iwan Riadi dengan peserta pelatihan dari Warga Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Insan Pers dan Pelaku Usaha.
Dalam paparanya Diana menjelaskan bahwa Tobasa sudah memiliki kawasan yang layak untuk dipromosikan karena lokasi wisatanya sudah jelas dan lengkap. “Kita hanya perlu sedikit untuk menata dan kembangkan dengan pelayanan yang baik kepada wisatawan,” jelas Diana.
????????????????????????????????????
????????????????????????????????????

Dalam perjalananya ke Bona Pasogit untuk melakukan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan, ia mengunjungi salah satu obyek wisata yang ada di Balige dan menyatakan rasa kecewa karena masih banyak pelayan restoran dan cafe yang pelayannya judes-judes, tidak bisa melayani dengan baik dan kurang sopan.

“Mungkin karena kita anak dan boruni raja ya hingga kita membuat lokasi wisata ini tidak diminati orang dan orang tidak mau datang lagi? Tetapi etika pelayanan inilah yang harus kita perbaiki,” ungkapnya.
Bahkan menurut laporan yang diterima beliau bahwa banyak yang kapok tidak mau datang lagi ke lokasi tersebut karena pelayanan yang kurang.
Dalam pemaparannya ibu Diana menjelaskan betapa gampangnya merubah sesuatu yang baik menjadi buruk. ” Melalui pelatihan ini maka kita akan bisa berubah, bagaimana melayani orang, bagaimana menyambut tamu, bagaimana menegur orang dengan halus, nah…disinilah kita akan benahi dan belajar” ujar ibu Diana
Sementara Iwan Riadi dan Faisal dari Akpar Medan lebih menekankan akan perlunya etika dalam pelayanan untuk menyambut para wisatawan dengan keramahan, kebersihan dan kesiapan diri untuk menerima wisatawan dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang menjadi modal dasar kepariwisataan.
Pelaksanaan pelatihan juga dihadiri oleh Bupati Toba Samosir yang diwakili oleh Kadis Pariwisata Ultri S. Simangunsong.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s