WABUP HULMAN SITORUS TINJAU LOKASI AGROPOLITAN

IMG_3705Guna menyerap keluhan dan permasalahan yang dialami petani, Wakil Bupati Toba Samosir Ir. Hulman Sitorus, Jumat (27/05), tinjau lokasi agropolitan di desa Sionggang Tengah Kecamatan Lumban Julu. Di lokasi tersebut Hulman Sitorus berdialog dengan beberapa petani dan meninjau lahan petani yang ditanami tanaman kopi, cabai dan tomat secara tumpang sari.

Kepada Hulman seorang petani bermarga Simangunsong menyampaikan beberapa permasalahan yang mereka hadapi selama ini seperti permodalan, bibit unggul dan rendahnya harga jual. “Kami kekurangan modal untuk mengolah lahan dan butuh bantuan bibit unggul dari pemerintah,” ujarnya.

IMG_3719Menanggapi keluhan tersebut Wabup mengatakan sesuai dengan kemampuan keuangan pemerintah, tidaklah memungkinan permodalan seluruhnya ditanggung pemerintah. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan alat-alat pertanian seperti traktor atau mesin-mesin pertanian lainnya. ”Ketersedian alat-alat tersebut tentunya akan membantu permodalan petani secara tidak langsung,” lanjut Wabup.

Sementara untuk pemasaran hasil pertanian, Wabup meminta agar hasil pertanian dapat dikemas dengan baik, agar harga jual meningkat dan dapat disalurkan ke berbagai minimarket yang saat ini mulai marak di Toba Samosir.

Lebih lanjut Wabup berharap agar para petani terus meningkatkan semangat kerja. ”Bertani itu ibarat merawat bayi, butuh ketelatenan, kesabaran dan harus dari hati. Maka prioritaskan dan rawatlah tanaman dengan baik, sesuai dengan tahapannya. Niscaya hasilnya akan memuaskan,” ujar Wabup.

Hulman menambahkan untuk percepatan peningkatan produksi pertanian akan ditempuh dengan berbagai usaha, diantaranya dengan melibatkan para petani maju yang sudah mapan dan berhasil selama ini, untuk menularkan ilmu dan pengetahuannya kepada petani lain. Ditambahkannya bahwa mereka yang dikenal dengan istilah Penyuluh Swadaya, harus diberdayakan dengan baik dan ditingkatkan jumlahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s