BADAN SAR NASIONAL TANDATANGANI MoU DENGAN PEMKAB TOBASA

IMG_4094Kepala Badan SAR Nasional (BASARNAS) Marsekal Madya TNI F.H.B Soelistyo bersama Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian tandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) sekaligus meresmikan Pos Siaga SAR Danau Toba dan Pengoperasian Kapal Negara SAR 412  untuk wilayah Kawasan Danau Toba, Jumat (3/6).

Usai mendatangani MoU, Kepala BASARNAS dengan Bupati Tobasa saling bertukar Plakat disaksikan para perwakilan 7 Bupati se-Kawasan Danau Toba dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tobasa.

“Kami merasa bahagia dan bangga atas penandatanganan kerjasama Pemkab Tobasa dengan Badan SAR Nasional yang merupakan institusi negara dan memiliki tugas mulia di bidang pencarian serta pertolongan dalam rangka penaggulangan potensi SAR maupun operasi SAR di seputaran Kawasan Danau Toba,” sebut Darwin dalam sambutanya.

Mewakili Bupati se-Kawasan Danau Toba, Bupati Tobasa Darwin Siagian mengajak semua pihak untuk pro aktif mendukung dan mensukseskan kegiatan dari Pos Siaga SAR Danau Toba, dalam pengoperasianya untuk melakukan pertolongan terhadap bencana, kecelakaan atau kondisi membahayakan manusia, guna meminimalisasi jumlah korban jiwa manusia di Kawasan Danau Toba.

IMG_4119Selanjutnya Kepala BASARNAS Marsekal Madya TNI F.H.B Soelistyo mengatakan bahwa dalam  pengoperasian Pos Siaga SAR di Kawasan Danau Toba nantinya akan berada dibawah Koordinasi Badan SAR Medan.

“Dalam melaksanakan tugas Tim BASARNAS akan bekerja setulus hati dan berusaha memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba,” ujar Soelistyo.

Maksud dan tujuan MoU atau Nota Kesepahaman antara BASARNAS dengan Pemkab Tobasa adalah sebagai landasan para pihak untuk melaksanakan kerjasama dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tobasa, yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pencarian serta pertolongan kepada masyarakat secara optimal.

Sebagaimana ruang lingkup yang tercantum dalam Nota Kesepahaman BASARNAS dengan Pemkab Tobasa meliputi, pengembangan Kompetensi SDM dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bentuk pelatihan untuk mendukung operasi SAR, Pemanfaatan sarana prasarana yang ada dalam rangka saling mendukung untuk penyelenggaraan pencarian dan pertolongan.

Pemasyarakatan program SAR Badan SAR Nasional sehingga masyarakat mengerti dan memahami dan pada akhirnya ikut berperan aktif sebagai potensi dalam penyelenggaraan operasi SAR serta saling memberikan dukungan dalam bentuk kegiatan bersama yang sesuai dengan visi misi para pihak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s