Berita Terbaru

TOBASA GELAR BBGRM XIII DAN HARI GERAK KESATUAN PKK KE-44 TINGKAT KABUPATEN

IMG_4626 Sebagai upaya meningkatkan kembali kebiasaan gotong royong di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir gelar Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XIII dan Hari Gerak Kesatuan PKK ke 44 Tingkat Kabupaten Toba Samosir, yang dilaksanakan di Desa Lumban Ruhap, Kecamatan Habinsaran, Jumat  (10/6).

Penyelenggaraan acara dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Toba Samosir Ir.Hulman Sitorus, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir Ny. Ritawati Darwin Siagian, Kepala SKPD, Kepala Bank SUMUT Balige Hendri Gultom dan masyarakat.

Wakil Bupati menyampaikan, bahwa semangat gotong royong yang merupakan warisan nenek moyang, yang perlu kembali digalakkan dan ditanamkan kepada generasi muda agar secara bersama dapat mensukseskan program pembangunan menuju Tobasa Hebat.

Hulman mengatakan memang diakui, bahwa tidak mudah menjalankan semangat gotong royong di tengah kecenderungan kehidupan yang semakin individualis, kompetitif dan banyak yang senang bekerja sendiri-sendiri. Ego sektoral dan ego daerah lebih menonjol dibanding kerjasama.

“Gotong royong bukan hanya slogan, tetapi harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dengan tindakan nyata” sebut Hulman.

“Dalam budaya batak kita juga mengenal istilah Marsirippa/Marsiadap Ari (yang artinya sama dengan gotong royong),” ujarnya.

Dikatakanya untuk menerapkan sifat gotong royong kembali di tengah masyarakat maka kita harus mau berubah yang dimulai dari pribadi masing-masing sehingga setiap orang dapat mengambil peran dalam pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

IMG_4639Sebelumnya Ketua Umum PKK Pusat Nyonya Dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutanya yang dibacakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba Samosir Ny. Ritawati Siagian mengajak Tim Penggerak PKK Kabupaten, para kader PKK, dan Kader Dasawisma agar senantiasa bekerja dengan semangat relawan, tanpa pamrih.

Selanjutnya dikatakan agar jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu, karena perkembangan ilmu dan teknologi pada dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikan diri serta mampu mengembangkan terus jaringan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk kelangsungan program-program PKK.

Pada puncak acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII Tk. Kabupaten Tobasa Tahun 2016, Wakil Bupati didampingi Kepala Bank SUMUT  dan Ketua TP PKK Kabupaten menyerahkan secara simbolis alat-alat gotong royong kepada masyarakat berupa cangkul, beko, sapu lidi, yang merupakan bantuan dari Bank Sumut, selanjutnya akan didistribusikan kepada desa yang telah berpartisipasi dalam gerakan desa binaan.

Sementara itu TP. PKK Kabupaten Tobasa juga menyerahkan hadiah dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bibit tanaman kepada perwakilan masyarakat dan bibit Markisa kepada para pengurus PKK Kecamatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s