Berita Terbaru, Pertanian

WABUP TOBASA PANEN BERSAMA DI DESA HUTABULU MEJAN

_DSC0335Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus panen perdana padi sawah Varietas Unggul jenis Inpari 28 bersama Kelompok Tani dan Badan Pusat Statistik (BPS) Balige didampingi Kepala BP4K Tua Pangaribuan, Kepala Dinas Pertanian yang diwakili Sabar Siagian, Kepala Desa Hutabulu Mejan, Danramil Balige Kapt. Merayot Simanjuntak, Babinsa serta perwakilan PPL di Desa Hutabulu Mejan Kecamatan Balige, Jumat (17/6).

Pada pelaksanaan panen ini pihak BPS juga melakukan pencatatan hasil panen petani sekaligus sebagai sample pendataan tingkat pendapatan petani di Kabupaten Toba Samosir.

Setelah melakukan panen bersama Wabup Tobasa berbincang dengan para petani dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat  tentang metode pertanian yang telah dilakukan selama ini.

_DSC0376Dari hasil pencatatan yang dilakukan BPS didapat data hasil panen sekitar 6,8 Ton/Ha yang menurut Kepala BP4K terjadi peningkatan dari Tahun 2015.

Lebih lanjut Wabup Hulman mengajak petani untuk melakukan pertanian dengan baik sehingga taraf hidup kita semakin meningkat.

“Hasil yang kita lihat hari ini cukup baik dan ini merupakan prestasi yang cukup bagus walaupun masih dalam skala kecil, tetapi harapan kita ini menjadi awal keberhasilan buat para petani di desa-desa lain,” ujar Hulman.

Wakil Bupati yang didampingi Camat Balige mengatakan bahwa perubahan itu tidak dapat dilakukan secara drastis namun itu dapat terjadi perlahan tapi pasti kalau semua mau bekerja keras sesuai dengan bidang masing-masing, sebutnya.

Dalam suasana kekeluargaan di tengah persawahan, Wakil Bupati juga menyempatkan untuk memberi bimbingan kepada petani yang hadir pada acara panen.

“Kepada para petani saya minta agar melakukan pertanaman secara serempak sehingga dapat meminimalkan serangan hama pada tanaman,” ajak Hulman.

“Kita sebagai petani jangan ragu untuk bekerja keras dalam bertani, untuk masalah bibit unggul biarlah itu dipikirkan oleh para ahli, juga pupuk dan alat pertanian modern, yang penting petani bekerja serta rawat tanaman sebaik mungkin pasti akan mendapat hasil yang baik juga,” pungkasnya.

Menurut penuturan Kepala BP4K Tua Pangaribuan kepada Wakil Bupati, untuk tahun ini para petani di Desa Hutabulu akan mulai mencoba menanam kacang kedelai setelah panen padi selesai sehingga masyarakat diharapkan tidak hanya bergantung pada tanaman padi saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s