BUPATI BUKA BIMTEK PERBENGKELAN DAN BIMTEK DIVERSIFIKASI PRODUK MAKANAN

IMG_5319Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perbengkelan Roda Dua dan Diversifikasi Produk Makanan Ringan kepada masyarakat Toba Samosir. Kegiatanini dihadiri langsung oleh Sesdikjen  Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian Ir.Roy Sianipar, MM serta Kasubid  Pangan  Nurhayati Gobeldijadwalkan akan berlangsung selama 5 hari dari Selasa ( 21/6) hingga Sabtu (25/6), bertempat di Tio Convention Hotel Sere Nauli, Laguboti.

Mewakili Menteri Perindustrian Roy Sianipar dalam sambutannya pada PembukaanBimtek  mengatakan bahwa pelatihan perbengkelan dan olahan makanan sangatpenting di lakukan bagi kelompok masyarakat terutama yang menjadi pelaku Industri Kecil Menegah, mengingat Kawasan Danau Toba akan menjadi tujuanWisata Internasional sebagaimana program Pemerintah Pusat di bidang Kepariwisataan.

“Saat ini Pemerintah sangat serius melakukan pembangunan di Kawasan DanauToba, tapi itu tidak akan berhasil bila orang-orang yang berada di kawasan ini tidak memiliki kompetensi yang baik,” kata Roy.

Hendaknya kita jangan jadi raja padoha (red; orang yang suka bermalas-malasan), tapi kita dituntut untuk jadi pekerja, pekerja yang dapat memberikan service kepada masyarakat yang membutuhkan kita, tegasnya.

IMG_5345Selanjutnya Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian juga dalam sambutannya sebelum membuka acara Bimtek mengingatkan agar masyarakat mau merubah pola pikir  untuk bisa melayani, bukan hanya dilayani sehingga setiap orang mampu berkompetisi dalam menghadapi perkembangan zaman.

“Kita telah memiliki modal yang kuat, yaitu, Dalihan Natolu. yang dapat menunjang pelayanan kita bagi para pengunjung melalui kegiatan kita masing-masing,” kata Darwin.

“Jangan ada lagi mental raja saja tetapi kita harus memiliki mental pelayanan demi menunjang kemajuan daerah kita ini dan tentunya akan berdampak pada peningkatan taraf hidup melalui berbagai bidang usaha yang kita lakoni, ujar Bupati.

“Dan melalui pelaksanaan Bimtek ini saya harapkan dapat bermanfaat bagi para peserta bimtek sebagai pelaku industri perbengkelan dan pengolahan makanan ringan, ikuti pelatihan dengan baik agar pengetahuan, keterampilan, keahlian dalam bidang industri kecil dapat meningkat dan dapat meningkatkan penghasilan keluarga,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Perindagkop Marsarasi Simanjuntak dalam laporanya bahwa peserta yang mengikuti bimbingan teknis terdiri dari 50 peserta, 20 peserta Perbengkelan dari 10 Kecamatan dan 30 peserta pengolahan makanan dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Toba Samosir.

“Para peserta juga akan memperoleh bantuan peralatan perbengkelan dan peralatan olahan makanan sesuai bidang industri sebanyak 1 (satu) set yang merupakan anggaran dari Kementerian Perindustian RI,” kata Marsarasi.

Pada acara pembukaan Bimtek Bupati Toba Samosir, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus dan Sesdikjen IKM serta Kasubdit Pangan Kementerian Perindustrian RI menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kepada peserta yang juga dihadiri, Kadisnakertrans Tobasa Esthon Sihotang, Kakan Ketapang Sahat Mannulang, serta Staf Ahli Bupati Berliana Sitompul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s