DARWIN SIAGIAN RESMIKAN SMP NEGERI 5 HABINSARAN

IMG_6182Menyikapi akan pentingnya pendidikan bagi generasi muda terutama untuk menjangkau para siswa/I yang berada di daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir kembali resmikan pemakaian Gedung Unit Sekolah Baru SMP Negeri 5 Habinsaran  tepatnya di Desa Lumban Ruhap, Jumat (22/7) Kecamatan Habinsaran.

Pemakaian SMP Negeri 5 Habinsaran diresmikan langsung oleh Bupati Toba Samosir Darwin Siagian yang turut dihadiri oleh para anak rantau Desa Lumban Ruhap dari Jakarta dan Riau, Riamser Pane (PT. Gas Jaya Abadi), Parlindungan Sitorus (PT. Duta Raya Dina Metro), Paruntungan Pane (DPRD Dumai), Parlinggoman Lumban Toruan (DPRD Bekasi), Jumadi Simangunsong (PT. Karya Data Solusi) dan para Kepala SKPD Pemkab Tobasa.

IMG_6193Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian dilanjutkan dengan meninjau ruangan yang diawali dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua TPP PKK Kabupaten Toba Samosir Ny. Iin Hulman Sitorus

Darwin Siagian menyampaikan bahwa, dunia pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dimana setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan untuk mengembangkan kehidupannya.

“Pendidikan adalah merupakan Investasi untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Bupati.

“Dengan pendidikan manusia akan semakin cerdas, peradaban akan semakin tinggi, kesejahteraan akan semakin meningkat, oleh sebab itu Pemerintah akan selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan juga perluasan akses pendidikan sebagaimana dimanatkan oleh UUD 1945 Pasal 31 ayat 1,” sebut Darwin.

IMG_6223Sebagaimana dilaporkan Kepala Dinas Pendidikan Tobasa Drs. Lalo Hartono Simanjuntak, M. Si di awal acara, bahwa pembangunan sekolah ini dilatar belakangi akan adanya permohonan masyarakat untuk pendirian Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Lumban Ruhap yang jaraknya sekitar 10 Km dari SMP yang berada di pusat Kecamatan Habinsaran.

“Kemudian sekolah ini dibangun secara Swakelola atas hibah Pemerintah Australia Tahun 2015 dan telah selesai April 2016 yang terdiri dari 6 (enam) Unit Ruang Belajar, Kantor Kepala Sekolah, Tata Usaha, Guru, Ruang Perpustakaan, Rumah Penjaga Sekolah, Kamar Mandi dan Lapangan Olahraga,” ujarnya.

“Untuk TP. 2016/2017  SMP Negeri 5 sudah memiliki siswa/I sebanyak 30 orang dan tenaga pengajar yang bertugas di Sekolah ini sementara masih didatangkan dari SMP Negeri 1 Habinsaran sebanyak 5 (lima) orang guru,” sebut Lalo yang juga Putra yang berasal dari Desa Lumban Ruhap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s