DETIK-DETIK PROKLAMASI KAB. TOBASA BERLANGSUNG KHIDMAT

_DSC0698HUT RI Ke- 71 Tingkat Kabupaten Toba Samosir dengan Tema “Indonesia Kerja Nyata,” yang dipimpin langsung Bupati Toba Samosir Darwin Siagian sebagai Inspektur Upacara berlangsung khidmat diikuti oleh ribuan masyarakat, mengambil Sub Tema : “Dengan Kerja Nyata Kita Wujudkan Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata Menuju Tobasa Hebat 2021.”

Upacara Pengibaran Sang Merah Putih dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten dengan jumlah 35 orang yang merupakan siswa/I terpilih dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Toba Samosir dengan Komandan Fransisco Vernando Pardede dari SMA N2 Balige dan pembawa Bendera Merah Putih Arneta C.D Siagian siswi SMA N2 Balige.

_DSC0694Sebelum pengibaran Bendera Merah Putih, rangkaian Upacara Detik-Detik Proklamasi diawali dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Toba Samosir Ir. Boike Pasaribu diiringi dengan dentuman tembakan Salvo ke udara, raungan Sirene, Lonceng Gereja dan Bedug dari Masjid yang melambangkan persatuan seluruh rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia ini.

Untuk mengenang pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan pendahulu bangsa ini dalam merebut kemerdekaan, Inspektur Upacara Darwin Siagian mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sejenak dengan iringan lagu Hening Cipta yang dibawakan oleh Tim Korsik SMK Swasta Arjuna Laguboti.

Selama proses pengibaran bendera, terlihat antusias para peserta upacara yang terdiri dari siswa/i TK/PAUD, SD, SLTP, SMA/SMK, Mahasiswa, TNI/Polri dan OKP/Ormas, Organisasi Wanita serta ribuan masyarakat.

Karnaval

Usai pelaksanaan Upacara, Barisan Pawai diberangkatkan dari Lapangan Sisingamangaraja XII diawali dengan Pasukan Merah Putih diikuti dengan Pasukan Pengibar Bendera, barisan anak PAUD, SD, SMP, Ormas dan barisan SMA/SMK.

Kemeriahan karnaval semakin terasa ketika iring-iringan pawai dari TK/PAUD dengan kreatifitas dan suguhan kepolosannya menabuh drum serta penampilan menarik melintas di depan podium kehormatan yang diterima oleh Bupati/Wabup Tobasa dan FKPD.

Kehadiran iringan pawai oleh tiap peserta karnaval menggambarkan akan semangat perjuangan yang tinggi dengan penampilan berbagai kreatifitas dan  atraksi yang ditampilkan oleh para pemuda/I yang sebagian besar menyuguhkan kearifan lokal serta mengedepankan persatuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s