Tarabunga

Perbukitan di Tarabunga sangat menjanjikan untuk dijadikan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Toba Samosir. Tarabunga merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tampahan, Kab. Toba Samosir. Lokasinya yang cukup dekat yakni berjarak sekitar 5 Km dari pusat Kota Balige atau sekitar 2 Km dari Kantor Camat Tampahan menyajikan panorama alam yang sangat memikat. Mata pengunjung akan dibuai hamparan Danau Toba yang sangat indah. Nun jauh akan terlihat Pulau Samosir, Siregar Aek NaLas, Muara, Sibandang dan Desa Meat.

Perbukitan yang menarik ini sangat berpotensi juga untuk dikembangkan sebagai sarana atau objek wisata lainnya. Hamparan tanah kosong dengan ilalang sangat ideal untuk dijadikan lokasi/ sirkuit motocross yang nantinya dapat diharapkan jadi ajang olah raga bagi para generasi muda untuk memacu adrenalin. Dan bukan tidak mungkin, nantinya Tobasa akan dapat melahirkan bibit-bibit crosser yang akan mampu berprestasi di ajang nasional bahkan internasional. Kiranya akan ada investor yang tertarik untuk mengembangkan daerah ini menjadi salah satu destini wisata yang utama.

Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah, panorama “sunset”  dan “sunrise” nya yang sangat indah dan selalu diburu pengunjung untuk dinikmati karena mampu memanjakan mata dalam menghabiskan waktu setelah lelah seharian beraktivitas. Masyarakat Balige dan Tampahan selalu berusaha meluangkan waktu untuk menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari dari lokasi ini.

Mengunjungi Toba Samosir, rasanya tidak lengkap apabila belum meluangkan waktu menikmati panorama sunrise dan sunset di Tarabunga. Setelah menikmati sunrise atau sunset dapat dilanjutkan dengan bersantap di cafe-cafe yang terletak di Objek Wisata Lumban Silintong yang dapat ditempuh hanya sekitar 15 menit dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

(Sumber dan Photo : Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

3 thoughts on “Tarabunga”

  1. Tentu esok pagi, matahari akan datang. Walaupun terkadang cerah ataupun agak mendung bahkan dengan dibumbuhi hujan sekalipun tentu tetap saja kita sepakat bahwa itu adalah pagi. Pagi adalah bagian waktu pertama setelah malam hari berakhir…
    Seperti halnya Tarabunga, beberapa tahun yang lewat ada kawan dari seberang berkunjung, dia begitu sangat kagum dengan keindahan alam yang ada di Tara Bunga. Begitu juga dengan anak Tulangku yg baru berusia 4 tahun yang saya bawa ke Tarabunga tahun yang lewat. Dia juga sangat menikmati dengan apa yang ada di Tarabunga. Artinya semua tahu tempat ini begitu indah dan mempesona,akan tetapi yang menjadi masalah adalah pemerintah setempat tidak mempunyai kreatifitas untuk menyempurnakan tempat ini. Ya Tarabunga Indah dan hanya itu…..
    Dulu ada yang mengatakan kepada saya sebenarnya tempat ini namanya bukan Tarabunga tetapi Singgolom, yang mana sebenarnya saya juga tidak ambil pusing, yang penting Indah….!!

  2. Aku belum pernah ke Meat,
    Abangku bernama Julian Meat Pohan.
    Nenek kami generasi no.8 hidup dan mati di Meat.

    Aku ingin ke sana, tapi selalu di-wanti2 jalannya serem,
    Kiri tebing kanan jurang menurun sempit satu jalur.
    Apa bener seserem begitu?

    Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: